Kebanggaan meraih Adipura jangan membuat terlena

id Bangga meraih Adipura jangan membuat terlena,DPRD,Kotim,Kotawaringin Timur,Rudianur,Bupati,Supian Hadi

Kebanggaan meraih Adipura jangan membuat terlena

Bupati H Supian Hadi menerima piala Adipura dari Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam penganugerahan Adipura di Jakarta, Senin (14/1/2019). (Foto Istimewa)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Rudianur mengapresiasi atas prestasi pemerintah kabupaten setempat yang berhasil meraih piala Adipura kelimakalinya, namun dia mengingatkan agar tidak terlena karena bisa malah membuat abai menjaga kebersihan.

"Ini adalah prestasi yang luar biasa. Lima kali Kabupaten Kotawaringin Timur berhasil meraih piala Adipura predikat kota kecil bersih. Sekaligus ini juga sebagai bukti jika Kotawaringin Timur, utamanya Kota Sampit adalah kota yang bersih dan sehat," katanya di Sampit, Selasa.

Rudianur berharap, prestasi yang selama ini telah berhasil diraih bisa dipertahankan dan perlu ditingkatkan lagi.

"Keberhasil ini tentunya tidak semata-mata hasil jerih payah pemerintah kabupaten saja, namun juga berkat peran serta masyarakat yang cukup besar dalam menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing," tambahnya.

Rudianur juga meminta peran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan terus ditingkatkan, membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

"Berhasil meraih piala Adipura bukannya tidak ada tugas lagi. Justru sebaliknya, tugas akan semakin berat kedepannya, terutama dalam menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan," ucapnya.

Salah satu tugas berat yang sekarang dihadapi dan perlu diselesaikan adalah menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah di tempat pembuangan sementara yang telah ditutup.

"Di beberapa sudut Kota Sampit saya lihat masih terlihat tumpukan sampah rumah tangga yang dibuang di TPS yang telah ditutup. Kami berharap permasalahan ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah dan masyarakat," katanya.

Rudianur juga meminta kepada pemerintah daerah untuk terus memperbaiki sistem penanganan sampah rumah tangga.

Sementara itu, Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi mengatakan, piala Adipura ke lima merupakan kado terindah untuk masnyarakat, dan Kabupaten Kotawaringin Timur yang saat ini telah berusia 66 tahun, pada 7 Januari 2019.

"Piala sudah diterima pada Senin (14/1/2019), dan rencananya akan diarak keliling Kota Sampit pada Rabu (16/1/2019)," jelasnya.

Prestasi di bidang kebersihan ini merupakan raihan kelima untuk Kotawaringin Timur, dan ke empat kalinya di masa kemempinan Supian Hadi - Taufiq Mukri. Rinciannya, diraih pada tahun 1997, 2012, 2013, 2014, dan 2018.

"Ini bukan hanya prestasi pemerintah, tapi prestasi seluruh masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur," tegas Supian Hadi.

Supian Hadi mengajak seluruh masyarakat Kotawaringin Timur untuk bersama-sama menjaga kebersihan, karena bukan hanya piala yang harapkan, namun kebersihan utamanya.