Pemkot-Pemprov koordinasi tangani banjir di Palangka Raya

id Pemkot-Pemprov palangka raya,banjir di Palangka Raya,Pemkot-Pemprov koordinasi tangani banjir di Palangka Raya

Pemkot-Pemprov koordinasi tangani banjir di Palangka Raya

Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah (Foto Antara Kalteng / Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menjalin koordinasi untuk menangani banjir di kota setempat.

"Pemerintah kota melalui bapak wali kota telah menjalin koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah provinsi memangani banjir, `Insyaalloh` kita akan dibantu pemprov," kata Wakil Wali Kota Palanka Raya, Umi Mastikah, Selasa.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat dikonfirmasi terkait banjir yang melanda kota setempat pada Senin (25/2) sore, usai ibu kota Provinsi Kalteng itu diguyur hujan deras.

"Kita fokus pembangunan utama infrastruktur selain jalan juga drainase. Sebagus apapun jalan kalau drainse tak ideal, jalan juga akan cepat rusak," katanya.

Untuk itu, Umi Mastikah menginstruksikan dinas terkait segera melakukan pemetaan kondisi dan lokasi drainase di "Kota Cantik" itu.

"Dinas terkait segera lakukan pemantauan dan segera mengambil tindakan darurat yang memungkinkan dan sesuai aturan," katanya.

Umi pun mengajak seluruh elemen masyarakat turut menjaga kondisi drainase dengan membersihkan secara rutin dan tak membuang sampah di saluran air.

Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, banjir di kota itu melanda sejumlah wilayah seperti di Jalan Bakut, Jalan Sapan, Lestari, Lumba-lumba, Tantina, Tangkasiang, Yos Sudarso dan Jalan Sisingamangaraja bahkan banjir juga mengenangi selasar RSUD Doris Sylvanus.