DPRD Gumas minta KPU giatkan sosialisasi terkait pemilu

id Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas,Heri A Junas,Komisi Pemilihan Umum,pemilu serentak 2019,pileg,pilpres,pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI

DPRD Gumas minta KPU giatkan sosialisasi terkait pemilu

Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Heri A Junas. (Foto Antara Kalteng/Chandra)

Sosialisasi harus digencarkan, apalagi ini merupakan pertama kalinya dilakukan pemilu serentak
Kuala Kurun (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah, Heri A Junas meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, menggiatkan sosialisasi terkait pemilu kepada masyarakat guna mendorong partisipasi pemilih nantinya.

“Sosialisasi harus digencarkan, apalagi ini merupakan pertama kalinya dilakukan pemilu serentak," katanya di Kuala Kurun, Rabu.

Pemilu serentak kali ini meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten. Mengingat pentingnya keterlibatan semua pihak dalam menentukan masa depan bangsa dan negara, diharapkan pemilu ini berjalan sukses.

Heri menjelaskan, jika melihat kondisi daerah saat ini, pihaknya yakin partisipasi masyarakat saat pemilu nantinya minimal mencapai 70 persen. Namun tentu pihaknya menginginkan partisipasi pemilih bisa lebih tinggi lagi.

"Bagi masyarakat yang sudah memiliki hak pilih agar menggunakannya pada 17 April 2019 mendatang, karena satu suara akan sangat menentukan," terang Anggota DPRD yang berasal dari daerah pemilihan satu yang mencakup Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun tersebut.

Sebelumnya Ketua KPU Gumas, Stepenson mengatakan guna mendukung target nasional yakni tingkat partisipasi 77,5 persen, pihaknya merekrut 55 orang relawan demokrasi.

Relawan demokrasi itu, merupakan perpanjangan tangan KPU untuk mensosialisasikan tahapan-tahapan pemilu, sehingga kemauan maupun kesadaran masyarakat berpartisipasi dalam pemilu semakin membaik.

"Kami juga telah melakukan sosialisasi terkait pemilu kepada masyarakat umum maupun pemilih pemula di kecamatan-kecamatan setempat," jelasnya.

Pihaknya bersama pemangku kepentingan lainnya juga aktif melakukan acara bincang-bincang di Radio Hamauh FM setiap Senin dan Kamis mulai pukul 19.00 WIB. Acara tersebut membahas hal-hal terkait pemilu dan juga diadakan kuis untuk menarik minat masyarakat.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar