10 sekolah di Barsel ikuti ekspos SPMI

id Pemkab barsel, sekolah spmi, buntok, pj sekda syahrani, dinas pendidikan, ekspos stan

10 sekolah di Barsel ikuti ekspos SPMI

Penjabat Sekda Barsel Syahrani (tiga dari kiri) saat mengunjungi salah satu stan sekolah model yang mengikuti eksposĀ Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Sebanyak 10 sekolah di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengikuti ekspos Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI), sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di wilayah setempat.

"10 sekolah yang berpartisipasi ini, sesuai perhitungan dari pencapaian implementasi mereka dalam penerapan SPMI," kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Selatan Suaib di Buntok, Kamis.

Sekolah model yang mengikuti ekspos ini akan dinilai dengan tiga kriteria penilaian, yakni dokumentasi hasil pencapaian sekolah, kemampuan penjaga stan dalam mengomunikasikan pencapaian mereka, tampilan dan desain dari stan.

Suaib menjelaskan, berdasarkan hasil ekspos tersebut pihaknya akan mencari empat terbaik yang nantinya akan diikutkan pada ekspos sekolah model SPMI tingkat provinsi pada Juli 2019 mendatang.

"Kami berharap, melalui kegiatan ini sekolah model SPMI menjadi pemacu sekolah lainnya, untuk memenuhi delapan standar program pendidikan di Barsel," ucapnya.

Dengan terpenuhinya delapan standar pendidikan tersebut, tentunya kualitas kegiatan belajar dan mengajar yang diterapkan di sekolah akan semakin meningkat.

Sementara itu Penjabat Sekretaris Daerah Barsel Syahrani mengungkapkan, pihaknya menyambut baik dengan pelaksanaan kegiatan tersebut. Sebab memiliki manfaat yang luar biasa, untuk memajukan bidang pendidikan di daerah.

"Kami akan terus memberikan dukungan kepada sekolah model SPMI," katanya saat membuka ekspos sekolah model SPMI yang berlangsung dihalaman kantor Bupati Barsel.

Untuk itu, pihaknya mengapresiasi dengan dilaksanakannya ekspos yang diikuti 10 sekolah model yang ada di Barsel. Ekspos tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam bidang pendidikan.

Dengan adanya ekspos yang dilaksanakan itu, Syahrani mengaku optimistis, kualitas dan kuantitas peserta didik maupun tenaga pendidik di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut, dapat terus dipacu serta ditingkatkan.

"Semoga kualitas bidang pendidikan di Barsel terus meningkat sehingga mampu berdiri sejajar dengan daerah lainnya yang jauh lebih maju dan berkembang," tuturnya.