Wisatawan asing turut saksikan Karnaval Budaya Kalteng

id FBIM 2019,Kalteng,Wisatawan asing turut saksikan Karnaval Budaya Kalteng

Salah satu wisatawan asing saat foto bersama dengan peserta Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) di kawasan Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Selasa (18/6/2019). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Sejumlah wisatawan asing turut menyaksikan pergelaran Karnaval Budaya Kalimantan Tengah yang digelar dalam rangka peringatan hari jadi ke-62 provinsi setempat.

"Selain wisatawan lokal, pada Karnaval Budaya hari ini juga terlihat sejumlah wisawatan asing yang ikut menyaksikan acara tahunan yang saat ini tercatat dalam kalender of event nasional," kata Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail bin Yahya di Palangka Raya, Rabu sore.

Menurut dia, hal itu menunjukkan seni dan budaya di Provinsi Kalimantan Tengah semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, bahkan mancanegara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah Guntur Talajan mengaku gembira ajang di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" itu semakin dikenal luas.

"Tadi kita juga melihat sejumlah wisatawan asing menyaksikan Karnaval Budaya. Artinya kita potensi di Kalteng ini semakin dikenal luas. Bahkan secara khusus ada budaya dari Betawi datang sebagai peserta Karnaval," kata Guntur.
Peserta Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) saat berada di kawasan Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Selasa (18/6/2019). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Pantauan di lapangan sejumlah wisawatan asing, baik pria maupun wanita, nampak menyaksikan Karnaval Budaya yang dipusatkan di Bundaran Besar, Kota Palangka Raya.

Diantara para wisatawan mancanegara tersebut dari dekat panggung utama nampak mengabadikan setiap penampilan kelompok peserta Karnaval Budaya dari awal hingga akhir acara.

Baca juga: Fairid optimistis kontingen Palangka Raya juara umum FBIM 2019

Baca juga: Tarian kolosal ikut meriahkan pembukaan Festival Budaya Isen Mulang


Sementara wisatawan lainnya hanya menyaksikan di jalur yang dilalui peserta karnaval dengan sesekali berfoto dengan peserta Karnawal Budaya.

Meski demikian, sejumlah wisatawan asing yang ditemui di lokasi enggan memberikan komentar secara langsung terkait pergelaran acara yang diikuti 80 kelompok dengan perkiraan peserta mencapai ribuan orang.

Acara Karnaval Budaya itu sendiri diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota di Kalteng serta sejumlah instansi pemerintah dan pihak swasta di provinsi setempat serta sejumlah paguyuban seni dari luar Provinsi Kalimantan Tengah.

Warga lokal pun nampak antusias menyaksikan acara Karnaval Budaya tahunan tersebut. Meski di bawah terik matahari, pengunjung pun enggan meninggalkan posisi demi menyaksikan kemeriahan acara tersebut.

Baca juga: Ini harapan Bupati Ampera kepada panitia FBIM Kalteng

Baca juga: Pemkab Gunung Mas kirim 100 orang berkompetisi di FBIM Kalteng

Baca juga: Perkuat kekompakan harumkan Gunung Mas pada ajang FBIM, kata Ketua DPRD

Baca juga: Bupati Kapuas optimis raih juara FBIM 2019 se-Kalteng

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar