"Assessment Center" UMP komitmen pendampingan kompetensi ASN

id ac,UMP,Kalteng,UM Palangka Raya,Kepala UPT AC UMP, Dina Fariza Tryani Syarif

"Assessment Center" UMP komitmen pendampingan kompetensi ASN

Kepala UPT Assesment Center UMP Dina Fariza Tryani Syarif,M.Psi,Psikologi sedang menyelenggarakan kegiatan pengukuran kompetensi ASN di Kabupaten Sukamara, wilayah paling Barat Provinsi Kalimantan Tengah. (Ardi; Lab Komunikasi FISIPOL UMP)

Palangka Raya (ANTARA) - “Assessment Center (AC)” sebagai unit pelaksana teknis penilaian kinerja pegawai dan organisasi yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) terus berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam upaya pemetaan potensi sumber daya organisasi publik yang tersebar pada 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Kepala UPT AC UMP, Dina Fariza Tryani Syarif, M.Psi, Psikologi saat ditemui di Auditorium Fisipol UMP di Palangka Raya, Sabtu (27/7) mengatakan sejak berdiri tahun 2015 pihaknya terus berinteraksi dengan pemkab/pemkot se-Kalteng dalam pengelolaan sistem karier Pegawai Negeri Sipil berbasis kompetensi.

UPT AC UMP juga terlibat dalam perencanaan rekrutmen pegawai kontrak terutama dari analisis standar kompetensi pegawai yang dibutuhkan bidang tugas pada organisasi perangkat daerah.

Memasuki era kebijakan pemerintah tentang seleksi terbuka jabatan tinggi pratama atau lelang jabatan, UPT AC UMP lebih meningkatkan peran dan keterlibatan dalam memetakan kompetensi pejabat eselon untuk penempatan bidang tugas.

Menurut Dina Fariza yang juga Ketua Himpunan Psikologi Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah itu, validitas dari metode Assessment Center cukup signifikan bila didukung keterampilan para assessor.

Program sertifikasi Assessment Center Assessor yang diselenggarakan oleh PPM Manajemen dirancang dengan memperhatikan prinsip-prinsip pelatihan assessor yang termuat dalam “The Guidelines and Ethical Considerations for Asessment Center Operation”.

Program sertifikasi itu dipandu instruktur yang memiliki sertifikat internasional sebagai Assessment Center Assessor Trainer, program ini akan membantu Anda dalam membangun keterampilan fundamental sebagai Assessment Center Assessor, mulai dari prinsip dasar penilaian kompetensi, pengenalan jenis-jenis perangkat dalam metode Assessment Center, keterampilan observasi, assessor meeting dan penulisan laporan.

Baca juga: UMP - Pemkab Sukamara tingkatkan kualifikasi pendidikan ASN

UPT Assessment Center UM Palangkaraya telah berkolaborasi untuk Asesmen kegiatan Uji Kompetensi, Seleksi Terbuka dan Talent Pool dengan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Permerintah Kota Palangka Raya, Pemerintah Kabupaten Seruyan, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Sukamara.

“Kami juga dipercaya untuk menangani pemetaan karier ASN lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam tahun ini,” ucap Dina Feriza Psikolog ahli konsentrasi bidang psikologi industri dan organisasi lulusan Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Mulai Agustus 2019 Tim AC UMP mulai bekerja untuk proyek kajian akademik evaluasi jabatan dalam rangka pemberian tambahan penghasilan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukamara dengan melibatkan sejumlah dosen dan tenaga muda di antaranya Novianto Eko W,M.AP, Farid Zaky,M.Si dan Radinda Artha dari FISIPOL UMP dan Misyanto,M.Pd dosen FKIP.

UPT AC UMP juga berkolaborasi dan melibatkan tenaga ahli jaringan Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.

Baca juga: FISIPOL UM Palangkaraya perluas kuliah lapangan ke berbagai negara

Baca juga: Rektor UM Palangka Raya lantik sejumlah pejabat kampus


Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar