Pj Sekda Barsel : Pentingnya wawasan kebangsaan dalam bingkai NKRI

id Pemkab barsel, pemerintah kabupaten, barito selatan, buntok, pj sekda, syahrani, wawasan kebangsaan, nkri, indonesia, globalisasi, generasi muda

Pj Sekda Barsel : Pentingnya wawasan kebangsaan dalam bingkai NKRI

Penjabat Sekda Barsel Syahrani. (Foto Istimewa)

Buntok (ANTARA) - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Barito Selatan, Kalimantan Tengah Syahrani menyebut diklat wawasan kebangsaan merupakan wujud kepedulian sebagai anak bangsa, untuk menjaga stabilitas negara dan bingkai NKRI.

“Diklat wawasan kebangsaan bagi pelajar merupakan wujud kepedulian kita, sebagai anak bangsa untuk tetap menjaga stabilitas negara dalam bingkai NKRI,” katanya di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan itu sangatlah penting dan strategis untuk memberikan pengetahuan kepada generasi muda dan masyarakat pada umumnya, bahwa penguatan karakter bangsa sangat diperlukan ditengah derasnya arus informasi dan globalisasi.

Generasi muda, lanjut dia, dituntut memiliki kesadaran serta keinginan yang tinggi agar mampu menjaga kokohnya NKRI, tidak terkecuali di wilayah Barito Selatan.

Saat ini karakter bangsa, mulai dirasakan memudar. Sehingga kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan secara berkelanjutan bagi generasi muda sejak dini, baik di wilayah perkotaan maupun pelosok perdesaan.

“Kegiatan ini merupakan langkah penguatan kembali, untuk menumbuh kembangkan rasa dan jiwa patriot serta cinta tanah air. Agar bisa membangun kembali karakter atau jati diri bangsa,” harapnya.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Barito Selatan Liharfin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengaktualisasi peran penting generasi muda, khusunya sebagai pembangun kembali karakter bangsa.

Kemudian sebagai pemberdaya karakter bangsa dan perekayasa karakter bangsa. Hal tersebut karena generasi muda, berada dipuncak produktivitasnya juga sebagai komponen bangsa.

“Karena mereka posisinya sangat strategis memainkan proses tranformasi karakter dan tata nilai di tengah derasnya arus liberalisasi era globalisasi,” tegasnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini juga sebagai pemberian motivasi, perhatian dan rasa tanggung jawab para pemuda di tengah situasi serta kondisi bangsa yang semakin memprihatinkan.

Peserta yang mengikuti kegiatan itu meliputi ratusan siswa SLTA, terdiri dari SMAN 1 Dusun Selatan, SMAN 2 Dusun Selatan, SMKN 1Buntok, SMA Kristen Buntok, SMA Muhammadiyah Buntok, MAN Buntok dan guru pendamping.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar