Petani Gunung Purei datangi kantor camat, terkait larangan bakar lahan

id petani ladang gunung purei,camat gunung purei ester,kapolsek ipda kuslan,demo petani di gunung purei

Petani Gunung Purei datangi kantor camat, terkait larangan bakar lahan

Para petani tergabung dalam HPPT melakukan aksi damai terkait larangan membakar lahan untuk ladang di Desa Lampeong Kecamatan Gunung Purei, Jumat (11/10/2019) (ANTARA/Dokumen pribadi)

Muara Teweh (ANTARA) - Himpunan Petani Peladang Tradisional (HPPT) se-Kecamatan Gunung Purei Kabupaten Barito Utara, melakukan aksi damai di halaman kantor kecamatan setempat karena dilarang membakar lahan untuk kebun warga di Desa Lampeong, Jumat.

Aksi damai HPPT ini diketuai oleh Dedi Kiswanto dimulai dengan titik kumpul dari simpang empat depan Polisi Sektor (Polsek) Gunung Purei, menuju ke Kantor Kecamatan Gunung Purei. 

Aksi HPPT tersebut berlangsung aman dan tertib,peserta aksi diterima dan di sambut baik oleh Camat Gunung Purei Ester didampingi unsur Tripika Gunung Purei.
 
Para petani tergabung dalam HPPT menyampaikan aspirasi di kantor Kecamatan Gunung Purei terkait larangan membakar lahan untuk ladang di Desa Lampeong Kecamatan Gunung Purei, Jumat (11/10/2019) (ANTARA/Dokumen pribadi)
Dalam orasinya Jayarianto selaku pembicara menyampaikan tuntutan dari HPPT antara lain memohon kebijakan dari pemerintah daerah Kabupaten Barito Utara, mohon diterbitkan Peraturan Bupati (Perbub) perlindungan petani peladang tradisional dan hentikan kriminalisasi terhadap peladang tradisional.

Menanggapi hal tersebut Camat Gunung Purei Ester menerima dengan sangat terbuka atas aspirasi yang disampaikan oleh warga masyarakat tersebut, dirinya berjanji akan menyampaikan langsung terkait poin tuntutan dan keluhan warga masyarakat Kecamatan Gunung Purei, ke Bupati Barito Utara H Nadalsyah.

Kapolsek Gunung Purei Ipda Kuslan sangat mengapresiasi atas aksi damai serta aspirasi yang di sampaikan melalui pembicara(HPPT),berlangsung dengan tertib.

Dirinya selaku Kapolsek Gunung Purei,juga akan menyampaikan semua keluhan masyarakat Gunung Purei ke Kapolres Barito Utara.