Mahasiswa asal Seruyan diminta kembangkan kepekaan sosial

id yulhaidir, kabupaten seruyan,Bupati Seruyan,Mahasiswa asal Seruyan diminta kembangkan kepekaan sosial

Mahasiswa asal Seruyan diminta kembangkan kepekaan sosial

Bupati Seruyan, Yulaidir membuka acara Keakraban Mahasiswa Seruyan se Kota Palangka Raya. (Antara/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Yulhaidir meminta kalangan mahasiswa  asal kabupaten itu untuk terus belajar dan menempa diri agar dapat mencapai prestasi akademik dan tidak mengabaikan hal penting yaitu mengembangkan kepekaan sosial.

"Mahasiswa selaku agen pembangunan jangan hanya mengejar nilai akademik, tetapi harus selalu mengembangkan diri dan mampu terlibat langsung dalam menyukseskan pembangunan," kata Yulhaidir di Palangka Raya, Minggu.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat membuka dan menjadi pembicara dalam acara Keakraban Mahasiswa Seruyan se Kota Palangka Raya. Acara yang digagas mahasiswa tersebut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan mahasiswa dari Kabupaten Seruyan.

Baca juga: Pemuda di Seruyan diharapkan mampu menjadi pahlawan yang menginspirasi

Sesuai tema acara yakni menuju generasi unggul dan berkarakter menuju Seruyan Emas 2045, Bupati Yulhaidir meminta para mahasiswa dapat memanfaatkan setiap kegiatan luang dengan hal yang positif.

Selalu berpikiran terbuka, mengasah rasa kepekaan sosial, memperbanyak berdiskusi dan membaca serta menanamkan semangat untuk terus belajar dan maju menjadi cara efektif mengembangkan kualitas sumber daya manusia di luar cara formal melalui kegiatan akademik.

"Untuk mampu terjun di tengah masyarakat kecerdasan akademik juga harus ditunjang dengan kecerdasan emosional dan pengalaman yang mumpuni. Untuk itu manfaatkan masa menempuh pendidikan sarjana dengan maksimal. Ini waktu yang tepat mengasah kemampuan," katanya.

Di sisi lain dia juga berharap para mahasiswa asal Kabupaten Seruyan juga selalu kompak dan menjaga nama baik daerah dengan membentengi diri dari berbagai ancaman negatif perkembangan zaman.

Baca juga: Pentingnya menghargai jasa pahlawan, kata Ketua DPRD Seruyan

"Dan untuk mendukung peningkatan SDM pemuda, pemerintah Kabupaten Seruyan juga terus menggelontorkan beasiswa pendidikan untuk para mahasiswa berprestasi dan kurang mampu," katanya.

Muhammad Jodi Irawan, ketua panitia mengatakan sampai kegiatan itu dilaksanakan setidaknya 150-an mahasiswa asal Kabupaten Seruyan telah mendaftarkan diri sebagai peserta acara yang dilaksanakan di Aula Diklat PT Bank Pembangunan Kalteng itu.

"Selain ajang silaturahmi antar mahasiswa, mahasiswa dengan bupati dan tokoh Seruyan acara ini juga sebagai wadah menggelorakan kembali semangat mahasiswa untuk terus meningkatkan kualitas dan berkarakter menuju Seruyan Emas 2045," katanya.

Dia juga berharap melalui acara itu mahasiswa Seruyan terus menjalin kebersamaan dan kekompakan terutama selama menempuh studi di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca juga: Menyelamatkan generasi muda di Seruyan dari ancaman bahaya rokok

Baca juga: UMK Seruyan capai Rp3,1 juta, perusahaan diminta tertib menerapkannya

Baca juga: Pemkab Seruyan berkomitmen maksimalkan pencegahan karhutla di tahun 2020

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar