Bupati Gumas ajak masyarakat turut awasi Pilkada Kalteng 2020

id pilkada kalteng,bupati gunung mas,Bupati Gumas ajak masyarakat turut awasi Pilkada Kalteng 2020

Bupati Gumas ajak masyarakat turut awasi Pilkada Kalteng 2020

Bupati Gumas Jaya S Monong (kanan) memberi ucapan selamat kepada anggota panwaslihcam yang baru saja dilantik, di aula kantor BP3D setempat, Minggu (22/12/2019). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng tahun 2020 mendatang.

Dengan adanya peran masyarakat, diharapkan Pilkada Kalteng benar-benar menjunjung tinggi asas demokrasi, bebas, rahasia, jujur dan adil, kata Jaya saat pelantikan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Gumas, di Kuala Kurun, Minggu.

“Saya harap masyarakat Kabupaten Gumas mau membantu Badan Pengawas Pemilu, Panwaslihcam dan jajarannya nanti sampai tingkat selanjutnya, dalam mengawasi serta mengawal pelaksanaan Pilkada Kalteng,” ucapnya.

Baca juga: Panwaslihcam se-Gumas dilantik, ini daftarnya

Orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini yakin, dengan adanya peran masyarakat dalam mengawasi dan memantau pelaksanaan pilkada juga akan meringankan tugas penyelenggara pemilu.

Lebih lanjut, atas nama Pemerintah Kabupaten Gumas dia mengucapkan selamat kepada mereka yang terpilih dan baru saja dilantik sebagai panwaslihcam di daerah itu, untuk pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020.

Dengan tugas yang demikian kompleks dan berat, pengawas pemilu harus memiliki dan menjaga integritas dan profesionalitasnya. Salah satu asas pemilu adalah jujur dan adil, menjadi tugas pengawas pemilu untuk mewujudkannya.

“Panwaslihcam adalah ujung tombak pengawasan di tingkat kecamatan. Jadi dalam bekerja harus memiliki kemampuan menjalankan amanah semangat pengawas yang tercantum dalam slogan SIM-P, yakni soliditas, integritas, mentalitas dan profesionalitas,” bebernya.

Baca juga: Teras Narang gali kesiapan Kesbangpol Kalteng dukung pilkada 2020

Ketua Bawaslu Kabupaten Gumas Walman Tristianto melantik anggota Panwaslihcam se-kabupaten itu. Mereka adalah Indra Naftali, Sutrisna, dan Erin sebagai Panwaslihcam Sepang, Herry AL, Tri Sutanto, dan Ety Rianita sebagai Panwaslihcam Kurun, Eldie, Atunta Rores, dan Iraningsih sebagai Panwaslihcam Tewah.

Kartika, Apri Guna Dwi Yan, dan Sidae sebagai Panwaslihcam Kahayan Hulu Utara, Endra D Sanen, Elkoprin, dan Samsi sebagai Panwaslihcam Rungan, Harry Adthama, Candra Nata, dan Stevenhard sebagai Panwaslihcam Manuhing.

Elisa Petriadi, Iwansyah, dan Wiwik Handayani sebagai Panwaslihcam Mihing Raya, Budi D Junas, Aletra, dan Irwan sebagai Panwaslihcam Damang Batu, Kurniawan, Eldit, dan Erlisurianto sebagai Panwaslihcam Miri Manasa.

Mandau A Ginter, Suriani, dan Berkat Rahmanto sebagai Panwaslihcam Rungan Hulu, Riup Yakup, Sandy Saputra, dan Linda Natalia sebagai Panwaslihcam Manuhing Raya, Fedrili KL Rupock, Alpiano, dan Pinsem sebagai Panwaslihcam Rungan Barat.

Baca juga: Pantau kesiapan pilkada, Teras Narang kunjungi KPU Palangka Raya

Baca juga: Nasib bakal calon mantan terpidana korupsi tergantung partai politik