Masyarakat Kotim diimbau waspadai pohon tumbang

id Masyarakat Kotim diimbau waspadai pohon tumbang,Pemkab Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,Diskominfo,Multazam

Masyarakat Kotim diimbau waspadai pohon tumbang

Pohon tumbang di Jalan HM Arsyad saat terjadi hujan dan angin kencang pada Sabtu (11/1/2020). ANTARA/HO-Diskominfo Kotim

Sampit (ANTARA) - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, khususnya di Kota Sampit diimbau mewaspadai kemungkinan terjadinya pohon tumbang saat hujan deras karena sangat membahayakan.

"Pemerintah mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. Jika terjadi pohon tumbang, kami juga langsung menginformasikan kepada masyarakat agar berhati-hati, sekaligus menginformasikan jika pohon tumbang ke jalan dan mengganggu lalu lintas," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur Multazam di Sampit, Minggu.

Kejadian pohon tumbang semakin terjadi, khususnya di Sampit sehingga harus diwaspadai karena sangat rawan menimbukan korban jiwa. Pohon tumbang terjadi saat hujan deras dan angin kencang

Saat hujan deras disertai angin terjadi pada 27 Desember 2019 lalu, dua pohon besar di kawasan kota tumbang akibat dihantam angin kencang, yakni di Jalan S Parman dan HM Arsyad. 

Pohon tumbang ke badan jalan sehingga sempat mengganggu arus lalu lintas. Petugas gabungan pun dengan cepat menangani dengan memotong-motong batang dan dahan pohon, kemudian membersihkan dari jalan sehingga lalu lintas kembali lancar.

Jumat (10/1) sore, sebuah pohon di Jalan Pelita juga tumbang ke badan jalan saat Sampit dilanda hujan deras dan angin kencang. Selain kencangnya angin, kondisi tanah yang menjadi labil akibat diguyur hujan deras, diduga juga menjadi pemicu.

Selain sempat mengganggu lalu lintas, pohon tumbang juga membuat pipa air bersih milik PDAM bocor. Petugas gabungan yang mendapat informasi dengan cepat menanggulangi dengan mengevakuasi batang pohon serta memperbaiki kebocoran pipa PDAM.

Baca juga: Masyarakat Kotim tetap jaga kamtibmas jelang pilkades serentak

Hujan disertai angin kencang kembali menyebabkan sebuah pohon di sisi Jalan HM Arsyad tumbang ke badan jalan pada Sabtu (11/1) siang. Seperti biasa, koordinasi yang bagus membuat dampak kejadian itu bisa ditanggulangi dengan cepat.

"Ketika terjadi pohon tumbang, koordinasi langsung dilakukan dengan PLN, Telkom dan PDAM untuk memeriksa apakah ada jaringan atau instalasi mereka yang rusak. Jika ada yang rusak, maka bisa diperbaiki dengan cepat," kata Multazam.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika terus menyebarkan informasi perkembangan cuaca dari waktu ke waktu. Jika diprediksi terjadi cuaca buruk atau ekstrem, instansi ini dengan cepat mengeluarkan peringatan dini untuk mengingatkan masyarakat dan semua pemangku kepentingan agar mewaspadai dan berhati-hati.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada karena hujan lebat dan angin kencang masih berpotensi terjadi. Warga harus waspada ketika terjadi cuaca buruk," demikian Kepala BMKG Stasiun Haji Asan Sampit Nur Setiawan.

Baca juga: Jadwal pengambilan kartu ujian CPNS Kotim berdasarkan huruf awal nama

Baca juga: Legislator apresiasi komitmen Disdukcapil Kotim berantas percaloan