Keberadaan tempat istirahat Dinsos Kalteng bantu jemaah haul Guru Sekumpul

id Dinsos kalteng, kalimantan tengah, dinas sosial, haul guru sekumpul, rest area, kalsel, kalimantan selatan, jemaah, banjarmasin

Keberadaan tempat istirahat Dinsos Kalteng bantu jemaah haul Guru Sekumpul

Puluhan jemaah haul Guru Sekumpul ke-15 menikmati hidangan yang disuguhkan Tagana dan pengurus masjid Al-Abrar pada tempat istirahat Jalan Mahir Mahar Lingkar Luar Kota PalangKa Raya, Jumat, (28/2/2020). (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Keberadaan 'rest area' atau tempat istirahat yang dibangun Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan pengurus Masjid Al-Abrar atau Kubah Hijau di Jalan Mahir Mahar Lingkar Luar Kota Palangka Raya sangat membantu masyarakat.

"Alhamdulillah banyak masyarakat yang hendak pergi menuju haul Guru Sekumpul ke-15 mampir dan memanfaatkan tempat istirahat yang menyediakan makanan dan minuman gratis," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso di Palangka Raya, Jumat.

Ratusan jemaah haul Guru Sekumpul yang memanfaatkan fasilitas tersebut kebanyakan masyarakat dari Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan, Lamandau bahkan sejumlah daerah dari Kalimantan Barat.

Dalam perjalanannya para jemaah kebanyakan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, baik secara berkelompok yakni bersama keluarga, maupun bersama rekan-rekan satu daerahnya.  

"Tahun depan kami akan kembali membuat hal serupa di kawasan Masjid Al-Abrar. Bahkan tak hanya saat haul Guru Sekumpul, namun ketika ada kegiatan akbar lainnya di Kalteng," katanya.

Baca juga: Dinsos Kalteng sediakan tempat istirahat jamaah haul guru sekumpul

Baca juga: Berbarengan haul Guru Sekumpul, pilkades serentak Kotim diundur


Pada lokasi yang sama, Sabran warga asal Kotawaringin Timur menjelaskan, disediakannya tempat istirahat tersebut sangatlah membantu para jemaah haul Guru Sekumpul yang sedang dalam perjalanan.

Setidaknya membantu masyarakat untuk mengurangi pengeluaran biaya, ketika hendak menuju haul yang berada di Kalimantan Selatan dan dilaksanakan setahun sekali tersebut.

"Kami merasa sangat terbantu, setidaknya mengurangi biaya pengeluaran ketika hendak menuju haul di Martapura," katanya menjelaskan.

Hal senada juga dilontarkan Amir Husin warga asal Desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu, menurutnya apa yang dilakukan pemprov bagi jemaah sangat bermanfaat ketika berada dalam perjalanan.

Baca juga: Dukung haul Guru Sekumpul, Telkomsel hadirkan teknologi 4,9G

Baca juga: Dukung kegiatan haul guru sekumpul, Telkomsel hadirkan 'paket murah benar'


Selain makanan gratis yang disediakan, masyarakat juga bisa memanfaatkan fasilitas lainnya seperti tempat tidur yang berada dalam tenda yang sengaja disediakan oleh panitia.

"Kalau bisa hal seperti ini setiap tahunnya terus dilakukan, karena sangat membantu masyarakat banyak," ungkap Amir Husin yang berangkat bersama keluarganya tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, selain menyediakan makanan, minuman, serta tempat peristirahatan, pemprov juga menyediakan posko kesehatan bagi para jemaah yang mampir dan memberikan pelayanan gratis.