DPRD Kotim dukung RSUD Murjani tingkatkan kesiapsiagaan tangani Covid-19

id DPRD Kotim dukung RSUD Murjani tingkatkan kesiapsiagaan tangani Covid-19,DPRD Kotim,Kotawaringin Timur,Kotim,Sampit,Corona,Covid-19,Rudianur

DPRD Kotim dukung RSUD Murjani tingkatkan kesiapsiagaan tangani Covid-19

Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rudianur menyalami anggota dewan setempat usai rapat paripurna, belum lama ini. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Rudianur mendukung langkah RSUD dr Murjani Sampit meningkatkan kesiapsiagaan penanganan virus Corona Covid-19, apalagi virus mematikan itu kini sudah masuk ke Indonesia.

"Pemerintah memang harus mempersiapkan hal-hal lain yang bersangkutan dengan pencegahan dan penanganan Corona, terutama RSUD dr Murjani dan pemangku kepentingan lainya," kata Rudianur di Sampit, Rabu.

Kewaspadaan tinggi sudah seharusnya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, mengingat daerah ini dinyatakan menjadi salah satu dari 19 daerah yang rawan menjadi pintu masuk Covid-19 karena ada angkutan hasil tambang dari China yang masuk ke Sampit.

Selain itu, RSUD dr Murjani Sampit juga termasuk dalam 100 rumah sakit yang ditunjuk pemerintah sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. Untuk itu rumah sakit ini sudah harus mempersiapkan sarana dan sumber daya manusia yang memadai.

Wabah Covid-19 sudah mengancam banyak negara di dunia dengan korban meninggal sudah lebih dari 3.000 orang. Kejadian ini tentu tidak boleh diabaikan karena sangat membahayakan.

Rudianur yakin semua sepakat untuk memaksimalkan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan wabah ini. DPRD Kotawaringin Timur juga mendukung upaya-upaya yang ditempuh untuk pencegahan dan penanggulangan tersebut.

Baca juga: Kapolres Kotim ingatkan jangan mengambil keuntungan di tengah kecemasan Covid-19

Hingga saat ini belum ada ditemukan penderita Covid-19 di Kotawaringin Timur. Meski begitu, semua pihak harus terus meningkatkan kewaspadaan agar virus itu tidak sampai masuk dan berjangkit di daerah ini.

Pemeriksaan di pintu masuk jalur laut dan udara harus dilakukan dengan ketat. Setiap penumpang dan kru pesawat serta anak buah kapal laut, harus diperiksa kondisinya, apalagi jika kapal tersebut berasal dari luar negeri, atau ada warga yang memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri.

"Tapi, masyarakat jangan juga sampai panik atau ketakutan berlebihan, sampai melakukan aksi borong masker dan antiseptik. Yang penting kita selalu waspada dan menjalankan pola hidup sehat supaya tidak mudah diserang penyakit," ucap politisi Partai Golkar.

Rudianur juga mengajak masyarakat berdoa agar wabah penyakit ini segera berakhir. Untuk pencegahan, masyarakat diharapkan menjalankan pola hidup sehat dan semakin sering membersihkan lingkungan dan peralatan yang sering digunakan agar terbebas dari bibit penyakit.

Baca juga: Covid-19 mengancam, RSUD Murjani Sampit usulkan bangunan khusus isolasi

Baca juga: Legislator Kotim prihatin jalan dalam kota pun rusak

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar