Ketua NU Kotim ajak optimalkan organisasi membantu masyarakat

id Ketua NU Kotim ajak optimalkan organisasi membantu masyarakat,Banser,Ansor,Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit

Ketua NU Kotim ajak optimalkan organisasi membantu masyarakat

Ketua NU Kotawaringin Timur H Samsudin (gamis putih) bersama panitia dan undangan Konfercab GP Ansor, IPNU, IPPNU dan PKD serta Diklasar Banser III se-Kotawaringin Timur, Jumat (6/3/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah H Samsudin mengajak seluruh Nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama meningkatkan peran membantu pemerintah dan masyarakat, termasuk melalui organisasi-organisasi yang ada.

"Kita bersama-sama harus terus meningkatkan sumbangsih membantu masyarakat dan pemerintah. Kita optimalkan potensi diri kita dan organisasi-organisasi kita untuk membantu masyarakat dalam rangka ibadah dan mengharap keridhaan Allah," kata Samsudin di Sampit, Jumat.

Harapan itu disampaikan Samsudin saat membuka Konferensi Cabang Gerakan Pemuda Ansor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) Kotawaringin Timur. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini juga dirangkai dengan Pelatihan Kepemimpinan Dasar serta Diklat Terpadu Dasar Banser III Gerakan Pemuda Ansor se-Kotawaringin Timur.

Samsudin yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur mengajak kaum Nahdliyin untuk selalu meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW. Semua perangai Rasulullah sangat tepat untuk dicontoh dalam kehidupan sehari-hari, khususnya agar menjadi pribadi yang membawa manfaat bagi orang lain.

Secara organisasi, NU dan Badan Otonom NU diharapkan terus meningkatkan kontribusi membantu masyarakat. Organisasi harus terus dioptimalkan untuk berkontribusi melalui berbagai bidang kegiatan yang bersentuhan dengan hajat hidup masyarakat.

"Terkait pemilihan ketua dan pembentukan pengurus baru, saya berharap mudah-mudahan figur yang terpilih benar-benar bisa membawa organisasi lebih berkembang dan maju," harap Samsudin.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kotawaringin Timur Gusti Mukafi mengatakan, dirinya berusaha optimal meski di tengah kesibukannya sebagai aparatur sipil negara. Dia mengajak Gerakan Pemuda Ansor dan Banser untuk terus menjaga persatuan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saat ini marak terjadi degradasi moral, adu domba, fitnah dan perpecahan. Saya mengingatkan GP Ansor dan Banser jangan terpancing. Kita harus terus menjadi pemersatu," ujar Gusti Mukafi.

Baca juga: RSUD Murjani Sampit diminta menyiapkan lahan parkir memadai

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Kalimantan Tengah Elly Saputra mengapresiasi Gerakan Pemuda Ansor Kotawaringin Timur yang tetap eksis dalam berkegiatan meski di tengah kesibukan pengurusnya. Dia berharap siapapun yang terpilih nantinya bisa meningkatkan kontribusi organisasi ini terhadap masyarakat dan daerah.

"Yang penting adalah niat "mewakafkan diri" menjalankan organisasi untuk membantu masyarakat. Saya yakin GP Ansor Kotawaringin Timur akan lebih maju dan lebih baik lagi," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Riskon Fabiansyah mengatakan, kegiatan juga dihadiri perwakilan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Seruyan. Dia berharap kegiatan berjalan lancar hingga selesai.

"Untuk Diklatsar Banser, peserta ditargetkan sebanyak 80 orang yakni dari Seruyan 13 orang, Sampit 37 orang dan sisanya Parenggean," kata pria yang juga anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur.

Riskon mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya peserta yang antusias mengikuti kegiatan ini. Dia berharap kegiatan berjalan lancar dan membawa manfaat bagi semua pihak, khususnya peserta.

Baca juga: Sebuah rumah terbakar saat ditinggal berjualan

Baca juga: Pedagang pasar Eks Mentaya diberi waktu 10 hari mulai tempati kios