Pemkab Barsel tetapkan status Siaga Darurat COVID-19

id Pemkab Barsel tetapkan status Siaga Darurat COVID-19,Corona,Barito Selatan,Buntok

Pemkab Barsel tetapkan status Siaga Darurat COVID-19

Sekda Barito Selatan, Edy Purwanto saat memimpin rapat koordinasi siaga darurat bencana COVID-19, di Buntok, Senin (23/3/2020). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah menetapkan status Siaga Darurat nonbencana alam penyebaran wabah Corona Virus Disease 19 atau COVID-19.

"Penetapan status itu dari 23 Maret hingga 20 April 2020 mendatang, dan ditetapkan dengan surat keputusan Bupati," kata Sekretaris Daerah  Barito Selatan, Edy Purwanto usai memimpin rapat koordinasi siaga darurat bencana COVID-19 di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, dalam rapat koordinasi ini, pihaknya membentuk Satgas Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19, dan membuat surat edaran bupati terkait pencegahan dan antisipasi penyebaran virus tersebut.

"Kita juga akan membangun posko induk pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan posko pantau yang berada di Jalan Asam persimpangan jembatan Tampa dan Bundaran Sanggu," ucap Edy Purwanto.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi itu juga masyarakat diimbau untuk melaksanakan maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID -19.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menunda perjalanan keluar negeri atau perjalanan menuju tempat-tempat terjangkit di daerah lain sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

"Berdasarkan hasil rapat itu juga, kita sepakat menutup tempat wisata, dan tempat hiburan malam untuk sementara waktu," tambah dia.

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan juga telah menyiapkan ruang isolasi dan peralatan yang diperlukan serta menyiapkan ambulans sebagai persiapan rujukan.

Selain itu, pihaknya juga akan membentuk tim pengendalian bahan pokok oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Barito Selatan.

"Dinas Perdagangan dan Bagian Perekonomian Setda Barito Selatan bersama Bulog dan tim terpadu yang diketuai saya selaku Sekda akan melaksanakan operasi pasar. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penimbunan kebutuhan pokok," ucapnya.

Dalam rapat itu juga disepakati agar masing-masing dinas bisa membantu peralatan penyemprotan desinfektan, dan melakukan penyemprotan serentak di seluruh instansi Unit Satuan Kerja pemerintah daerah dan vertikal pada 26-28 Maret 2020.

Rapat koordinasi yang berlangsung di aula kantor Bupati Barito Selatan itu dipimpin Sekda Barsel, Edy Purwanto yang dihadiri sejumlah Kepala SOPD dan instansi vertikal di wilayah setempat.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar