PT GAP serahkan bantuan dukung penanganan COVID-19 di Kotim

id PT GAP serahkan bantuan dukung penanganan COVID-19 di Kotim,Virus Corona, COVID-19, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur,Globalindo Alam Perkasa, musim m

PT GAP serahkan bantuan dukung penanganan COVID-19 di Kotim

Humas PT Globalindo Alam Perkasa (Musim Mas Group) Ali Akbar berfoto dengan Camat Mentaya Hilir Utara Samsurijal usai serah terima bantuan perusahaan ini untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat, Senin (6/4/2020). ANTARA/HO-PT GAP

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit PT Globalindo Alam Perkasa (GAP) membantu pemerintah menangani wabah virus Corona jenis COVID-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, diantaranya dengan membantu Gugus Tugas di Kecamatan Mentaya Hilir Utara.

"Perusahaan kami sangat menyadari bahwa kita harus bersama-sama membantu pemerintah menangani COVID-19. Kami berharap bantuan yang kami berikan bisa membantu memaksimalkan upaya ini," kata Humas PT Globalindo Alam Perkasa, Ali Akbar di Sampit, Senin.

Ali Akbar menyerahkan bantuan langsung ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kecamatan Mentaya Hilir Utara. Penyerahan bantuan yang merupakan program 'corporate social responsibility' (CSR) atau tanggung jawab perusahaan ini aditerima Camat Samsurijal.

Bantuan diberikan perusahaan yang bernaung di bawah bendera perusahaan besar Musim Mas Group ini berupa alat semprot desinfektan, alat pelindung diri penyemprot, baju penyemprot, sarung tangan karet, sepatu boots, cairan desinfektan, spanduk sosialisasi penanganan COVID-19 dan susu.

Selain peralatan semprot dan cairan desinfektan, bantuan juga berupa alat pelindung diri tersebut diberikan karena sangat penting agar petugas yang melakukan desinfeksi juga terlindungi dari potensi penularan COVID-19.

Wabah COVID-19 tidak mengenal tempat sehingga di mana pun bisa muncul jika tidak diwaspadai. Untuk itulah wajib bagi petugas menggunakan alat pelindung diri sesuai aturan, terlebih jika di wilayah itu terdapat orang dalam pemantauan (ODP) maupun berisiko tinggi COVID-19.

Sementara itu, susu juga diberikan dengan harapan petugas di lapangan bisa mendapat asupan gizi memadai. Meminum susu tersebut diharapkan bisa menambah imunitas atau daya tahan tubuh petugas.

"Untuk saat ini, ini bantuan yang kami serahkan. Selanjutnya kami tetap akan berupaya kembali memberikan bantuan, berkoordinasi dengan Gugus Tugas kecamatan terkait apa yang sangat dibutuhkan untuk penanganan ini," kata Ali Akbar.
Humas PT Globalindo Alam Perkasa (Musim Mas Group) Ali Akbar menyerahkan bantuan kepada Camat Mentaya Hilir Utara Samsurijal untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat, Senin (6/4/2020). ANTARA/HO-PT GAP


Secara internal, kata Ali Akbar, perusahaannya juga menjalankan anjuran pemerintah dalam mencegah dan menangani COVID-19. Perusahaan memperketat pemeriksaan masuk dan keluar perusahaan untuk mencegah muncul dan berjangkitnya virus mematikan tersebut.

Perusahaan juga menyiapkan bilik desinfeksi serta tempat cuci tangan. Selain itu, menjaga jarak juga dilaksanakan untuk mencegah muncul dan berjangkitnya COVID-19.

Sementara itu, Camat Mentaya Hilir Utara Samsurijal mengaku sangat berterima kasih atas bantuan yang disampaikan PT Globalindo Alam Perkasa. Bantuan tersebut sangat bermanfaat membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat memaksimalkan upaya pencegahan.

"Luar biasa, PT GAP begitu peduli, bahkan mereka juga akan membuatkan tempat cuci tangan, lengkap dengan hand sanitizer untuk tempat-tempat berkumpulnya publik seperti masjid, kantor dan pasar," kata Samsurijal.

Samsurijal mengapresiasi inisiatif dan kepedulian PT GAP selama ini, termasuk dalam membantu pemerintah daerah menangani pandemi COVID-19 ini. Dia berharap kepedulian yang ditunjukkan PT GAP menjadi contoh bagi perusahaan lainnya dalam membantu pemerintah, khususnya menangani bencana non-alam saat ini.

Baca juga: PT SSM, PT MAS dan PT GAP gelar konsultasi berkala dan sosialisasi pencegahan karhutla

Baca juga: Bupati Kotim puji kepedulian Musim Mas Group bantu penanganan COVID-19

Baca juga: Musim Mas Group turunkan personel bantu desinfeksi massal cegah COVID-19