Pendapatan ribuan kepala keluarga di Barsel turun akibat COVID-19

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Kabupaten Barito Selatan,Barsel,Bupati Barsel,dampak corona bagi barsel,pendapatan masyarakat barsel turun,Bupati Barito Sel

Pendapatan ribuan kepala keluarga di Barsel turun akibat COVID-19

Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri pada saat video conference dengan Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, di Buntok, Senin (13/4). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri menyatakan bahwa hasil dari catatan pihaknya, ada sekitar 8 ribu Kepala Keluarga yang pendapatannya menurun akibat dampak dari pandemi Corona Virus Disease 19 atau COVID-19.

"Sebanyak 8 ribu KK yang tidak bisa bekerja akibat dampak dari pendemi COVID-19 tersebut yakni petani karet, petani rotan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," katanya saat video conference dengan Gubernur Kalteng di Buntok, Senin.

Ditambah lagi dari industri karet dan rotan yang saat ini mengalami masalah, karena tidak ada yang membeli getah karet dan rotan milik petani, baik dari pembeli lokal maupun pembeli dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Kami mengharapkan Gubernur bisa mencari solusi membantu para petani karet dan rotan agar getah karet dan rotan milik petani ada yang membelinya," kata Eddy.

Sedangkan sektor formal swasta dari usaha kecil dan menengah yang karyawannya dirumahkan hingga saat ini tercatat sebanyak 15 orang, dan dari sektor industri perhotelan, pariwisata dan sektor lainnya tercatat sebanyak 153 orang.

"Kami terus melakukan pendataan terhadap karyawan yang dirumahkan tersebar dienam kecamatan di Barito Selatan ini," ucap Bupati.

Baca juga: Pemkab Barsel perpanjang masa pengalihan proses belajar hingga 24 April

Menurut dia, sebanyak 8 ribu KK yang tidak bisa bekerja akibat pendemi COVID-19 yang tersebar dienam kecamatan di daerah ini rencananya disalurkan kartu pra kerja dan sembako untuk meringankan beban mereka.

"Kami juga nantinya akan menyalurkan bantuan beras yang rencananya disalurkan untuk masing-masing kecamatan antara 5 sampai 10 ton beras, dan kita berharap dengan bantuan tersebut bisa meringankan beban mereka," jelas Eddy Raya Samsuri.

Acara video teleconference yang berlangsung di aula kantor Bupati Barito Selatan tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD Barsel HM Yusuf, dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.

Baca juga: DPRD Barsel minta penyaluran kartu Pra Kerja harus tepat sasaran

Baca juga: Jumlah ODP dan PDP Barsel diperbarui setiap hari melalui situs web

Baca juga: Enam PDP Barsel dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya