Deretan makanan untuk tingkatkan imun para lansia

id imun lansia,jaga imun lansia,Deretan makanan untuk tingkatkan imun para lansia,virus corona,covid 19,daya tahan tubuh

Deretan makanan untuk tingkatkan imun para lansia

Ilustrasi (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Setelah usia 65 tahun, sistem kekebalan tubuh seseorang akan semakin melemah sehingga penting bagi para lansia untuk mengonsumsi sejumlah makanan yang mampu meningkatkan imunitas khususnya di tengah pandemi COVID-19.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi para lansia dibutuhkan diet seimbang yang kaya vitamin dan mineral tertentu sehingga dapat membantu melawan infeksi dan penyakit. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada lansia, dilansir Boldsky, Minggu.

Baca juga: Ini manfaat keju, dari cegah osteoporosis hingga tingkatkan imun

Nasi Merah

Nasi merah mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kuat, yang bila dikonsumsi dalam porsi terkontrol dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, beras merah kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Ubi

Kaya akan beta karoten dan vitamin A, ubi dikemas dengan antioksidan yang dapat memberi manfaat pada sistem kekebalan tubuh orang tua. Sayuran manis ini juga kaya akan karbohidrat baik. Setidaknya berilah ubi seminggu sekali bagi para lansia.

Bayam

Kaya vitamin C, dan dikemas dengan banyak antioksidan serta beta karoten, bayam juga baik untuk tambahan diet. Bayam kaya akan vitamin K, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk lansia.

Baca juga: LIPI ciptakan minuman jambu biji untuk peningkat imun tubuh

Telur

Kaya protein dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, telur didefinisikan sebagai gudang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh orang tua.

Yogurt

Mengkonsumsi yogurt dapat membantu memperkuat saluran usus, yang akan membantu mencegah penyakit gastrointestinal. Yoghurt penuh dengan probiotik (bakteri baik) yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan tubuh yang baik untuk orang dewasa yang lebih tua.

Jamu dan rempah

Mengkonsumsi jamu dan rempah-rempah seperti kunyit dan jahe dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, kayu manis dan oregano juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Kenali tanda sistem imun tubuh melemah dan cara mengatasinya

Protein utuh

Makanan seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tiram, salmon, dan kedelai adalah tambahan makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung. Menjadi sumber yang kaya asam lemak omega-3, protein tanpa lemak seperti salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Air

Sangat penting bagi orang tua minum setidaknya delapan gelas air per hari untuk menjaga selaput lendir tetap lembab dan menurunkan kemungkinan flu atau pilek. Menjaga diri tetap terhidrasi dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, memasukkan buah beri, apel, daun selada, paprika, almond dan bit ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan fungsinya.

Baca juga: Terlalu banyak makan garam sebabkan sistem imun melemah

Baca juga: Hindari konsumsi ibuprofen untuk obati gejala virus corona

Baca juga: Benarkah konsumsi gula berlebihan sebabkan sistem imun turun