DPRD Gumas: Pelaksanaan tes cepat massal harus hati-hati

id dprd gumas,gunung mas,DPRD Gumas: Pelaksanaan tes cepat massal harus hati-hati,covid 19,corona

DPRD Gumas: Pelaksanaan tes cepat massal harus hati-hati

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gumas Binartha. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Binartha mengingatkan Dinas Kesehatan setempat agar berhati-hati saat melaksanakan tes cepat massal COVID-19.

“Petugas yang melakukan tes cepat massal harus berhari-hati, karena ini sifatnya mengumpulkan orang banyak, jadi harus sesuai ketentuan,” ucap Binartha saat dibincangi di Kuala Kurun, Rabu.

Pria kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing ini juga mengingatkan kepada para petugas agar benar-benar perhatikan kebersihan sarana dan prasarana, serta lokasi pelaksanaan tes cepat massal.

Disamping itu, ujar legislator dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini, masyarakat juga harus selalu menaati protokol COVID-19.

Baca juga: Kawasan jalan lintas di Gunung Mas rawan karhutla

“Rajin cuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, kenakan masker, jaga jarak fisik antara satu dengan lainnya, hindari kontak fisik, dan lainnya,” papar politisi Partai Golongan Karya ini.

Terpisah, Kepala Dinkes Kabupaten Gumas Maria Efianti mengatakan pelaksanaan tes cepat massal selalu mengikuti prosedur tetap, seperti disediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Lalu mewajibkan masyarakat yang datang agar mengenakan masker, menjaga jarak fisik, dan tidak melakukan kontak fisik. Pelaksanaan tes cepat massal juga melibatkan TNI-Polri agar protap berjalan baik.

Baca juga: Gunung Mas diminta cari solusi agar Puskesmas Tewah berjalan normal

“Untuk menghindari penumpukkan, kami juga tidak menganjurkan masyarakat untuk menunggu hasilnya. Intinya masyarakat tidak perlu takut untuk mengikuti tes cepat massal, apalagi ini gratis,” tuturnya.

Tes cepat massal sudah dilakukan bagi pedagang pasar, juru parkir, tukang ojek, dan lainnya di Taman Kota Kuala Kurun, 9 – 10 Juni 2020 lalu. Rencananya tes cepat massal akan dilakukan di kecamatan lain.

“Saya imbau kepada masyarakat untuk mau mengikuti tes cepat massal. Tidak perlu khawatir, karena pelaksanaannya pasti sesuai protap. Ini juga demi kebaikan bersama,” demikian Maria.

Baca juga: Pedagang pasar di Gunung Mas jalani tes cepat massal

Baca juga: SMA sederajat di Gumas laksanakan PPDB secara 'online' dan 'offline'

Baca juga: Belum semua desa di Gumas salurkan BLT Dana Desa