Kemensos kirim APD bantu penanganan COVID-19 Kapuas

id Kemensos kirim APD bantu penanganan COVID-19 Kapuas, Kapuas, Virus Corona, COVID-19

Kemensos kirim APD bantu penanganan COVID-19 Kapuas

Kepala Dinas Sosial kabupaten Kapuas Budi Kurniawan. ANTARA/Istimewa

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, menerima bantuan berupa alat pelindung diri (APD) beserta kelengkapannya dari Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk mendukung pencegahan penyebaran COVID-19 di daerah setempat.

"Kami mewakili Bapak Bupati Kapuas Ben Brahim S bahat atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Menteri Sosial RI serta Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, yang telah memberikan support dan bantuan ini," ucap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, di Kuala Kapuas, Jumat.

Bantuan yang diterima berupa APD beserta kelengkapan terdiri dari APD 300 stel, cairan desinfektan 15 buah, alat semprot desinfektan empat unit, sarung tangan medis 100 kotak serta buku sosialisasi COVID-19 sebanyak 50 buah.

Bantuan yang telah diterima ini selanjutnya akan dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Penggunaannya diutamakan bagi yang berisiko tinggi saat menjalankan tugas seperti anggota relawan Taruna Siaga Bencana dan potensi sosial kesejahteraan sosial lainnya guna percepatan penanggulangan COVID-19 di daerah setempat.

“Barang-barang itu akan digunakan petugas Tagana di posko karantina kesehatan NSD, petugas Tagana yang bertugas di pemakaman yang menggunakan Protokol COVID-19 serta mendukung tugas anggota Tagana yang bertugas pada dapur umum lapangan dan posko-posko perbatasan,” katanya.

Dikatakannya, keberadaan relawan Tagana di bawah Dinas Sosial Kapuas turut serta dalam upaya penanganan COVID-19, dari mulai mengelola dapur umum hingga melaksanakan pemakaman jenazah COVID-19 di Kabupaten Kapuas.

Tagana merupakan relawan sosial telah mendedikasikan dirinya untuk kemanusiaan dan tanpa pamrih, mereka bekerja tak kenal lelah. Tagana adalah pahlawan kemanusiaan.

“Saya monitor aktivitas mereka (Tagana), sejak awal Maret sampai sekarang sudah banyak hal yang mereka kerjakan untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19,” demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: Menteri PUPR tinjau infrastruktur di Kalteng terkait pengembangan lahan

Baca juga: Seleksi terbuka jabatan Sekda Kapuas minim pendaftar