Begini cara lihat dinosaurus melalui Google Search

id lihat dinosaurus melalui Google Search,google search,Begini cara lihat dinosaurus melalui Google Search, teknologi augmented reality (AR) ,teknologi a

Begini cara lihat dinosaurus melalui Google Search

Dinosaurus dalam teknologi augmented reality di mesin pencari Google Search. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA) - Google beberapa waktu lalu meluncurkan hasil pencarian no terbaru di mesin pencari Search, kini pengguna bisa melihat hewan purba dinosaurus.

Google memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) utuk hasil pencarian tiga dimensi, sebelumnya, pengguna bisa melihat langsung hewan-hewan seperti panda dan kelinci dengan mengarahkan kamera ponsel ke lingkungan sekitar.

Sebelum memulai pencarian tiga dimensi ini, pastikan ponsel yang digunakan sudah mendukung AR. Untuk mengetahuinya,di ponsel Android, kunjungi bagian "aplikasi" di "pengaturan" atau "settings", lihat apakah Google Play Services for AR sudah terpasang.

Baca juga: Produksi Pixel 3A dan 3A XL dari Google dihentikan

Jika belum, kunjungi Google Play Store dan unduh aplikasi tersebut. Jika Google Play Services for AR tidak muncul di Play Store, artinya ponsel yang digunakan tidak mendukung AR.

Untuk melihat dinosaurus lewat Google Search, pengguna haru menggunakan minimal Android 7, sementara untuk iPhone minimal iOS 11.
Dinosaurus dalam teknologi augmented reality di mesin pencari Google Search. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Setelah memastikan AR aktif, buka aplikas Google atau Chrome, ketik pencarian "dinosaur" atau "dinosaurus", lihat hasil pencarian yang bertanda 3D. Ketuk ikon "view in 3D" untuk melihat dinosaurus versi tiga dimensi.

Ketuk "view in your space" untuk melihat dinosaurus "berkeliaran" sekitar. Pengalaman melihat dinosaurus ini akan lebih menyenangkan jika berada di kebun, taman atau ruangan terbuka.

Baca juga: Google hapus puluhan aplikasi di Play Store karena mencuri informasi

Jangan lupa nyalakan pengeras suara agar suara dinosaurus terdengar.

Pengguna juga bisa melihat dinosaurus dalam ukuran asli, yang sudah disesuaikan dengan skala agar bisa dilihat lewat layar ponsel.

Pencarian dinosaurus ini juga berlaku untuk Tyrannosaurus Rex, Velociraptor, Triceratops, Spinosaurus, Stegosaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Dilophosaurus, Pteranodon dan Parasaurolophus.

Baca juga: Google Photos berhenti cadangkan folder media sosial secara default

Baca juga: Google hapus data secara otomatis setelah 18 bulan

Baca juga: Google uji coba fitur deteksi telepon spam