Ketua DPRD Seruyan dorong prioritas penanganan banjir

id Ketua DPRD Seruyan dorong penanganan banjir, Seruyan, Zuli Eko, banjir

Ketua DPRD Seruyan dorong prioritas penanganan banjir

Wakil Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang, baru-baru ini. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Kalimantan Tengah, mendorong kepada pemerintah kabupaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) wilayah setempat  melakukan penanganan terhadap bencana banjir yang terjadi di beberapa daerah saat ini.

“Saya harap BPBD setempat dan perusahaan besar swasta yang berada di Seruyan agar turut andil dalam penanganan banjir di wilayahnya, baik memberikan bantuan kepada masyarakat dan lain sebagainya,” kata Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang, Senin. 

Dia menjelaskan, cuaca di Seruyan saat ini tidak menentu dan curah hujan yang tinggi dalam beberapa waktu terakhir. Kondisi ini membuat sebagian wilayah di bantaran sungai dan dataran rendah terendam banjir.

Menurutnya, penanganan banjir ini harus menjadi salah satu prioritas dari instansi terkait, di samping langkah antisipasi yakni penanganan terhadap para korban yang saat ini terdampak karena aktivitas mereka akan terhambat.

"Ini dampaknya kembali pada sektor perekonomian karena mereka tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Makanya saya harapkan pihak terkait bisa segera bertindak dalam penanganan korban, seperti penyaluran bantuan dan yang lainnya," jelasnya.

Eko juga meminta kepada perusahaan besar swasta yang beroperasi di sekitar wilayah atau desa terdampak banjir agar bisa proaktif dalam memperhatikan kondisi masyarakat setempat. Perusahaan diminta membantu agar beban masyarakat bisa berkurang.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  ini menambahkan, perusahaan besar swasta diharapkan bisa turun langsung ke lapangan dan memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak, baik itu berupa sembako maupun persediaan lainnya untuk meringankan beban warga sekitar.

"Silakan PBS turun langsung ke lapangan untuk mengecek situasi dan kondisinya, hal-hal apa saja yang memang dibutuhkan oleh masyarakat untuk membantu mereka disaat seperti ini dan bisa direalisasikan, begitu juga dengan instansi terkait," demikian Eko.

Baca juga: Legislator Seruyan harapkan penyerapan tenaga kerja lokal dioptimalkan

Baca juga: Fraksi Kedesa DPRD Seruyan dukung pemekaran sejumlah desa