Operasi Patuh Telabang targetkan penurunan kecelakaan lalu lintas

id Operasi Patuh Telabang target penurunan kecelakaan lalu lintas, Polda Kalteng, Kapolda kalteng

Operasi Patuh Telabang targetkan penurunan kecelakaan lalu lintas

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan sambutan dalam kegiatan Apel Operasi Patuh Telabang 2020 di halaman Mapolda setempat di Kota Palangka Raya, Kamis (23/7/2020). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah menggelar Apel Operasi Patuh Telabang 2020 di halaman Mapolda setempat, menandai dimulainya kegiatan yang akan dilaksanakan selama 14 hari.

"Selama 14 hari kedepan, sasaran operasi untuk menurunkan sejumlah titik lokasi kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalu lintas serta penerapan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 secara preemtif, preventif, persuasif dan humanis," kata Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo di Palangka Raya, Kamis.

Dedi dalam sambutannya mengatakan, tujuan pelaksanaan Operasi Patuh Telabang 2020 untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Jenderal berpangkat bintang dua itu menegaskan, masyarakat yang ada di provinsi berjuluk 'Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila' diingatkan agar berhati-hati, serta selalu membawa surat menyurat kendaraan ketika bepergian.

Selain itu juga penggunaan helm juga wajib dilaksanakan, serta menaati peraturan berlalu lintas di jalan raya. Hal ini agar pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di jalan raya tidak terjadi.

"Gunakan helm, tertib berlalu lintas serta bawa surat menyurat kendaraan ketika mengendarai sepeda motor atau mobilnya masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Operasi Patuh Telabang Tahun 2020 kali ini mengangkat tema Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas atau singkatan dari keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas pasca Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi COVID-19 dan penerapan adaptasi kebiasaan baru.

Petugas juga selalu diingatkan agar ketika melaksanakan operasi tersebut, jangan sampai ada hal-hal yang sampai sifatnya mengecewakan para pelanggar lalu lintas.

Pemertiban bisa dilakukan secara humanis, sehingga para pengendara tidak berani melakukan pelanggaran di jalan raya, baik itu menerobos "traffic light" serta lain.

"Saya mengucapkan selamat menjalankan tugas Operasi Patuh Telabang 2020, kepada personel yang terlibat serta menekankan agar melaksanakan sesuai ketentuan yang ada," demikian Dedi.

Baca juga: Seorang gadis di Palangka Raya 'berontak' saat dicabuli dengan modus ruqyah

Baca juga: Polda Kalteng tingkatkan kemampuan personel amankan pilkada

Baca juga: Setubuhi balita, seorang pemuda terancam hukuman 15 tahun penjara