Legislator minta pelestarian seni budaya di Seruyan harus tetap terjaga

id Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Atinita ,Kabupaten Seruyan,Seruyan,DPRD Kabupaten Seruyan,DPRD Seruyan,seni budaya seruyan

Legislator minta pelestarian seni budaya di Seruyan harus tetap terjaga

Anggota DPRD Seruyan Atinita di Kuala Pembuang, baru-baru ini. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Atinita mengingatkan sekaligus meminta pemerintah setempat agar memperhatikan sekaligus melakukan berbagai upaya dalam menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada di daerah ini.

"Menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada di dalam daerah adalah tanggung jawab kita bersama, namun diharapkan dinas terkait agar lebih maksimal dalam upaya pelestarian kesenian tersebut," kata Atinita di Kuala Pembuang, Sabtu.

Menurut Anggota DPRD Seruyan ini, di sejumlah kecamatan di wilayah setempat hingga saat ini masih kental dengan kesenian budaya daerah. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai upaya agar hal tersebut tidak hilang dan tetap terjaga kelestariannya.

"Pelestarian seni dan budaya daerah harus terus dilakukan agar tidak hilang ditelan zaman. Misalnya dengan menggiatkan sanggar kesenian di kecamatan, serta memberikan pengetahuan kepada generasi muda," kata dia.

Atinita mengatakan hal utama yang juga harus dilakukan adalah pemberian apresiasi dan pemahaman tentang filosofi serta nilai dari keberadaan objek budaya, warisan dan tradisi yang tumbuh di masyarakat secara turun temurun khususnya kepada generasi muda. 

Kemudian, disamping itu kebudayaan juga harus mampu memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat melalui pengembangan produk kebudayaan secara kreatif seperti seni pertunjukan, kuliner, fashion show, film dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya.

Baca juga: Sejumlah nama calon pejabat pimpinan tinggi pratama diusulkan kepada Bupati Seruyan

"Hal tersebut dilakukan agar masyarakat, khususnya generasi muda termotivasi dan memiliki pemahaman yang baik dan terlibat aktif dalam melakukan proses internalisasi nilai-nilai budaya itu dalam kehidupan sehari-hari," kata Atinita.

Wakil rakyat Kabupaten Seruyan itu mengatakan, kesenian daerah patut terus dikembangkan dan diwariskan secara turun temurun, agar keberadaannya tidak tergerus perkembangan zaman.

"Saya sangat mendukung upaya pelestarian kesenian daerah yang dilakukan Pemkab. Bisa dilakukan dengan berbagai program strategis," ucapnya.

Dia menambahkan, pelestarian seni budaya memang juga dilakukan masyarakat. Tapi sayangnya masyarakat kerap terkendala minimnya sarana dan prasarana, sehingga menggunakan peralatan seadanya.

"Dukungan Pemkab untuk membantu sejumlah alat musik tradisional juga diharapkan dalam rangka pelestarian seni budaya daerah," demikian Atinita.

Baca juga: Bupati pastikan penggunaan anggaran COVID-19 di Seruyan transparan

Baca juga: DPRD dorong pemberdayaan nelayan di Seruyan melalui program inovatif

Baca juga: Bupati Seruyan sebut operasional pelabuhan Teluk Segintung belum maksimal

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar