KPU ajak masyarakat Kalteng sosialisasikan setiap tahapan Pilkada

id kpu kalteng,Komisi Pemilihan Umum ,KPU ajak masyarakat Kalteng sosialisasikan setiap tahapan Pilkada,pilkada 2020

KPU ajak masyarakat Kalteng sosialisasikan setiap tahapan Pilkada

Komisioner KPU Kalteng, Eko Wahyu Sulistyobudi (kanan) saat sosialisasi tahapan Pilkada Kalteng 2020 (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah mengajak mengajak tokoh pemuda, partai politik, tokoh masyarakat, dan organisasi kemasyarakatan untuk turut aktif mensosialisasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2020.

"Peran masyarakat dalam menyosialisasikan setiap tahapan Pilkada ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak 2020," kata Komisioner KPU Kalteng, Eko Wahyu Sulistyobudi di Palangka Raya, Jumat.

Eko yang merupakan anggota KPU Divisi Parmas dan SDM itu mengakui pelaksanaan pemilihan kepala daerah tidak akan sukses tanpa ada dukungan dari semua pihak, baik pemerintah darah, partai politik maupun masyarakat.

Baca juga: KPU Kalteng lakukan tes cepat COVID-19

Untuk itu dia mengajak partai politik, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan organisasi masyarakat untuk ikut memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar partisipasi pemilih dapat meningkat dari pilkada sebelumnya.

"Apalagi saat ini kita juga tengah mengalami pandemi COVID-19 sehingga peran masyarakat dalam menyebarluaskan setiap tahapan pemilihan kepala daerah serentak 2020 sangat diperlukan," katanya.

Menurut dia, suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi tak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara tetapi juga ada peran berbagai elemen masyarakat di dalamnya.

"untuk itu mari bersama-sama kita sukseskan setiap tahapannya agar Pilkada Kalteng 2020 benar-benar berjalan dengan baik dan partisipasi pemilih juga naik. Partisipasi dan pilihan kita menentukan arah pembangunan daerah ke depannya," katanya.

Sementara itu, saat ini tahapan Pilkada 2020 baru saja menyelesaikan tahapan pencocokan dan penelitian daftar pemilih yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Baca juga: KPU Kalteng minta warga sukseskan tahapan coklit Pilkada 2020

Baca juga: KPU Palangka Raya sebut ada warga sembunyi saat dicoklit

Baca juga: Hasil tes cepat 30 petugas penyelenggara Pilgub Kalteng di Barsel dinyatakan reaktif