DPK Gumas siap hibahkan buku untuk sekolah

id DPK Gumas ,Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas,Edwin Yustian ,DPK Gumas siap hibahkan buku untuk sekolah

DPK Gumas siap hibahkan buku untuk sekolah

Kepala DPK Kabupaten Gumas Edwin Yustian (batik hitam) menyerahkan secara simbolis bantuan hibah buku kepada Kepala SMP Negeri 6 Kurun Brata, di Kuala Kurun, Kamis (27/8/2020). (ANTARA/HO – SMP Negeri 6 Kurun)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Edwin Yustian mengatakan pihaknya siap menghibahkan buku kepada sekolah-sekolah yang ada di kabupaten itu.

Sekolah mulai tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas sederajat dapat mengajukan proposal jika ingin mendapat bantuan hibah buku dari DPK Kabupaten Gumas, kata Edwin saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

“Saat ini ada satu sekolah yang sudah mengajukan proposal dan kami penuhi, yakni SMP Negeri 6 Kurun. Ada ratusan buku yang kami hibahkan kepada mereka,” ucapnya usai menyerahkan bantuan secara simbolis.

Baca juga: Penggunaan masker harus jadi gaya hidup, kata Ketua DPRD Gumas

Buku yang dihibahkan kepada SMP Negeri 6 Kurun, ujar dia, terdiri dari berbagai jenis buku mulai dari buku pelajaran, pengetahuan umum, dan lainnya. Artinya, peserta didik dan guru dapat memanfaatkan buku yang dihibahkan tersebut.

Dia berharap buku yang telah dihibahkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh peserta didik maupun para guru, untuk menambah ilmu dan pengetahuan, sehingga masyarakat khususnya generasi muda Kabupaten Gumas menjadi cerdas dan berkualitas.

“Sekolah lain yang ingin mendapat hibah buku kami persilahkan untuk segera mengajukan proposal. Jika proposal sudah masuk maka akan kami pertimbangkan dan proses lebih lanjut,” tuturnya.

Baca juga: Seratusan calon petugas SP2020 di Gumas jalani tes cepat COVID-19

Dia menyebut bahwa untuk batas waktu pengajuan proposal hibah buku kepada DPK Kabupaten Gumas tidak ditentukan dan dapat disampaikan kapan saja, selama persediaan buku yang bisa dihibahkan di dinas mereka masih ada.

Bahkan hibah buku tidak hanya dibuka bagi  sekolah, namun juga perpustakaan desa atau kelurahan. Bagi perpustakaan desa atau kelurahan yang ingin mendapat hibah dapat mengajukan proposal ke DPK Kabupaten Gumas.

Kepala SMP Negeri 6 Kurun Brata mengatakan bahwa dengan adanya penambahan ratusan hibah buku dari DPK Kabupaten Gumas, maka saat ini koleksi buku di sekolah itu berjumlah sekitar 2.000 eksemplar.

“Kami sangat berterima kasih. Dengan adanya tambahan koleksi buku ini saya harap bisa turut membantu dalam mencerdaskan peserta didik, dan menumbuhkan minat baca peserta didik serta guru,” demikian Brata.

Baca juga: Legislator pertanyakan izin angkut kayu log milik PT HPL

Baca juga: Polres Gumas sebut puluhan TPS masuk kategori rawan geografis

Baca juga: SMAN 1 Kurun di Gumas pinjamkan siswa gadget untuk belajar daring