Bawaslu Kapuas diharapkan tingkatkan pengawasan

id Bawaslu Kapuas diharapkan tingkatkan pengawasan, pilkada Kalteng, kapuas

Bawaslu Kapuas diharapkan tingkatkan pengawasan

Wakil Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor, memberikan sambutan pada pembukaan Rakor Bawaslu Kapuas, bersama dengan pemangku kepentingan setempat di Aula Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kuala Kapuas, Selasa (29/9/2020). ANTARA/HO-Istimewa

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor, mengharapkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di daerah setempat, dapat memperkuat hubungan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan dan meningkatkan fungsi pengawasan sehingga dapat menjadi pilar dalam Demokrasi.

“Kami selaku pemerintah daerah memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Bawaslu Kabupaten Kapuas, beserta jajarannya dalam melakukan persiapan  guna menghadapi Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang tidak akan lama lagi kita hadapi,” ucap Wabup Nafiah Ibnor di Kuala Kapuas, Selasa.

Harapan tersebut disampaikan oleh orang nomor dua di Kabupaten Kapuas ini, saat memberikan sambutannya pada pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama dengan Stakeholder di daerah setempat, di Aula Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kuala Kapuas, Selasa.

Nafiah Ibnor mengatakan, pelaksanaan rapat koordinasi yang dilaksanakan Bawaslu ini dinilai baik karena dapat menjadi sarana diskusi bersama untuk menyelesaikan dan mendapatkan solusi atas permasalahan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng pada 9 Desember 2020.

“Rakor ini sangat baik karena membahas tentang pentingnya pengawasan stakeholder agar terciptanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang demokratis, aman, bersih dan bermartabat di Kabupaten Kapuas,” katanya.

Rapat koordinasi yang mengambil tema ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’, ini diharapkan dapat menyukseskan pelaksanaan Pilgub 2020 sehingga nantinya bisa berjalan aman dan lancar, sesuai apa yang diharapkan oleh semua pihak.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah Satriadi, Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Iswahyudi Wibowo, Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, Unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas, Anggota KPU Kabupaten Kapuas, Camat, Lurah, Kepala Desa, Kepala Sekolah di lingkup Kabupaten Kapuas dan Panwas Kapuas.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah Satriadi, mengatakan, Kalimantan Tengah akan melaksanakan pemilihan Gubernur serentak tahun 2020 dengan pasangan calon yang sudah ditetapkan pada tanggal 23 September yang lalu dan pada tanggal 24 September dilakukan pengundian nomor urut.

Kemudian, pada 26 September kemarin sesuai tahapan yaitu di mulai dengan tahapan masa kampanye hingga  tanggal 5 Desember dan hanya dilakukan dengan cara daring serta adanya pembatasan-pembatasan kampanye lainnya.

“Tidak menutup kemungkinan kampanye melalui media sosial akan semakin meningkat dan ini juga menjadi perhatian kita semua, mengingat kesulitannya baik melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang membawa efek negatif misalnya isu-isu hoax, sara yang mudahnya masuk melalui media tersebut,” katanya.

Ditambahkan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas, Iswahyudi Wibowo, tujuan dari rapat koordinasi ini guna pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020 berjalan lancar dan aman.

“Semoga dengan diadakannya rakor ini pengawasan Pemilihan Kepala Daerah di Kalimantan Tengah tahun 2020, bisa berjalan aman dan damai,” demikian Iswahyudi Wibowo.

Baca juga: Pemkab Kapuas resmi bentuk Tim Satgas COVID-19

Baca juga: Seorang ibu muda di Kapuas ditangkap polisi karena togel
Baca juga: Evaluasi dukungan 'Food Estate' dan transmigrasi baru di Kapuas