Jokowi inginkan ada budi daya ikan di 'food estate' Kalteng

id food estate,food estate kalteng,Jokowi inginkan ada budi daya ikan di 'food estate' Kalteng

Jokowi inginkan ada budi daya ikan di 'food estate' Kalteng

Ilustrasi: Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan) meninjau kesiapan irigasi lahan pertanian yang akan dijadikan pengembangan 'food estate' di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/aww.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan air yang melimpah di kawasan irigasi food estate atau lumbung pangan Kalimantan Tengah akan digunakan untuk budi daya ikan di keramba.

"Karena airnya melimpah di setiap irigasi yang ada, ini juga kita memulai untuk dibudidayakan ikan di keramba," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers saat meninjau food estate di Kalimantan Tengah, Kamis, sebagaimana disaksikan secara virtual.

Presiden Jokowi menyampaikan pemerintah akan melihat hasil budi daya ikan itu 3-4 bulan ke depan.

Baca juga: Presiden sebut model bisnis 'food estate' Kalteng bisa dicontoh tempat lain

Dia berharap dengan cara tersebut pendapatan petani akan naik, tidak hanya dari penanaman padi, bawang merah, dan jeruk, namun juga dari budi daya ikan termasuk itik.

"Ini kombinasi model bisnisnya seperti apa, akan kita coba lebih dulu. Begitu kita lihat ini bagus, sukses dan bagus model bisnisnya akan kita copy di tempat-tempat lain per 1.000 hektare lahan, akan ada model-model bisnis yang akan kita bangun," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Pengembangan model bisnis pertanian di kawasan food estate Kalteng

Baca juga: Presiden tiba di Kalteng lakukan penanaman perdana di kawasan food estate

Baca juga: Proyek food estate Kalteng dipastikan berkonsep korporasi petani