Ratusan ekor hewan peliharaan warga Kapuas divaksin rabies

id Ratusan ekor hewan peliharaan warga Kapuas divaksin rabies, Kapuas, peternakan, rabies

Ratusan ekor hewan peliharaan warga Kapuas divaksin rabies

Petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, melakukan penyuntikan vaksin rabies terhadap hewan peliharaan warga setempat, Kamis (8/10/2020). ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, melalui Bidang Peternakan melakukan penyuntikan vaksin rabies terhadap hewan peliharaan masyarakat di Kelurahan Selat Utara Kecamatan Selat.

"Ada sekitar lima puluh ekor hewan peliharaan masyarakat di Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat, yang sudah kami vaksin baik anjing dan kucing," kata Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, drh Anik Ariswandani, di Kuala Kapuas, Kamis.

Penyuntikan vaksin rabies terhadap hewan peliharaan masyarakat, seperti anjing, kucing maupun kera dilakukan sebagai upaya pemerintah daerah mencegah dan mengantisipasi penularan penyakit rabies.

Dikatakannya, sejauh ini kegiatan vaksinasi rabies yang telah dilaksanakan pihaknya di tiga kecamatan di daerah setempat, yakni Kecamatan Basarang, Kecamatan Kapuas Hilir dan Kecamatan Selat.

Untuk tiga kecamatan sendiri, sementara sudah ada sebanyak sembilan ratus ekor hewan peliharaan masyarakat baik anjing, kucing maupun kera sudah disuntik vaksin rabies.

“Untuk target kita tahun ini, sebanyak 2.500 ekor hewan peliharaan yang akan kita vaksin," kata Anik.

Anik mengimbau masyarakat pemilik hewan peliharaan yang ingin hewan peliharaannya disuntik vaksin, bisa melaporkan atau datang langsung ke Dinas Pertanian jalan Pemuda Kota Kuala Kapuas, dengan membawa langsung hewan peliharaannya.

Sementara itu dalam penyuntikan vaksin terhadap hewan peliharaan warga oleh beberapa orang petugas dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas saat itu, didampingi langsung oleh Lurah Selat Utara, Rahmat M Noor, serta masing-masing Ketua RT setempat.

Satu persatu hewan peliharaan milik warga setempat seperti anjing, kucing dan kera diperiksa petugas dan suntik vaksin untuk mencegah penularan penyakit rabies.

Sementara itu, Lurah Selat Utara, Rahmat M Noor, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kapuas yang telah peduli dengan lingkungan Kelurahan Selat Utara dengan melaksanakan vaksinasi rabies.

"Kepada warga Kelurahan Selat Utara saya juga mengimbau agar selalu rutin melaporkan hewan peliharaannya kepada petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian Kapuas, sehingga dapat diberikan vaksin rabies,” demikian Rahmat M Noor.

Baca juga: Pengembangan model bisnis pertanian di kawasan food estate Kalteng

Baca juga: Presiden tiba di Kalteng lakukan penanaman perdana di kawasan food estate

Baca juga: Satpol PP Kapuas gencar sosialisasikan Perbup Protokol Kesehatan