Ketua DPRD Gumas berharap karang taruna jadi wadah pengembangan diri

id DPRD Gumas,gunung mas,Akerman Sahidar,Ketua DPRD Gumas berharap karang taruna jadi wadah pengembangan diri

Ketua DPRD Gumas berharap karang taruna jadi wadah pengembangan diri

Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Akerman Sahidar berharap organisasi karang taruna dapat menjadi wadah bagi para pemuda di kabupaten itu untuk mengembangkan diri.

Terlebih, sejumlah karang taruna telah mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Gumas melalui Dinas Sosial setempat untuk mengembangkan keorganisasian, kata Akerman saat dibincangi di Kuala Kurun, Selasa.

“Pada tahun 2020 ini ada tiga karang taruna yang mendapat bantuan pengembangan dari Dinsos Gumas. Saya mengapresiasi dan menyambut baik bantuan tersebut,” ucap politisi PDI Perjuangan ini.

Tiga karang taruna tersebut adalah Sumber Harapan dari Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Hapakat dari Kelurahan Rabambang Kecamatan Rungan Barat, dan Semangat Maju dari Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah.

Baca juga: Siapkan Pasar Talaken agar tidak menjadi klaster baru COVID-19

Adapun jenis bantuan yang diterima Karang Taruna Sumber Harapan adalah alat-alat cetak batako, Karang Taruna Hapakat mendapat bantuan alat musik dan sound system, dan Karang Taruna Semangat Maju mendapat bantuan peralatan tenda.

“Dengan aanya bantuan tersebut, saya harap karang taruna dapat mengembangkan suatu usaha sesuai bantuan yang diterima. Artinya, anggota karang taruna mendapat ilmu dan pengalaman berwirausaha,” paparnya.

Pria kelahiran Kelurahan Rabambang Kecamatan Rungan Barat ini berharap nantinya karang taruna juga tidak mematok tarif tinggi dalam menyewakan atau menjual jasa atau produk yang dihasilkan.

Baca juga: Bantuan UEP mulai disalurkan kepada warga Gumas

Dengan demikian, sambung legislator dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini, keberadaan karang taruna benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat umum.

Sebelumnya, Kepala Dinsos Kabupaten Gumas Jhonson Ahmad melalui Kepala Seksi Identifikasi, Penguatan Kapasitas Degor mengatakan Karang Taruna Sumber Harapan, Hapakat, dan Semangat Maju mendapat bantuan pengembangan pada tahun 2020 ini.

Dia juga mempersilahkan karang taruna lain untuk menyampaikan proposal permohonan bantuan kepada Dinsos Gumas. Nantinya Dinsos akan mencoba mengakomodir permohonan mereka, selama permohonan dinilai bertujuan baik dan anggaran tersedia.

“Sejauh ini sudah ada beberapa karang taruna di Gumas yang mendapat bantuan dari Dinsos. Kami harap bantuan tersebut benar-benar dimanfaatkan, karena jika tidak dimanfaatkan maka bantuan bisa saja kami tarik kembali,” demikian Degor.

Baca juga: Pasar Talaken direncanakan jadi pusat kuliner

Baca juga: Pemkab Gumas salurkan bantuan kepada Karang Taruna di tiga kelurahan

Baca juga: KPU Gumas diminta gencar sosialisasikan teknis pemungutan suara

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar