Palangka Raya lepas 91,5 ribu bibit ikan di Danau Hanjelutung

id fairid naparin,indriarti ritadewi,palangka raya,dinas perikanan,restocking,Palangka Raya lepas bibit ikan di Danau Hanjelutung

Palangka Raya lepas 91,5 ribu bibit ikan di Danau Hanjelutung

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin (pertama kanan) melepas bibit ikan di Danau Hanjelutung, Palangka Raya, Kamis (19/11/2020) (ANTARA/Prokom Setda Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah melepas 91,5 ribu bibit ikan di Danau Hanjelutung untuk menjaga populasi ikan di perairan setempat.

"Bibit ikan yang kita lepas hari ini terdiri dari 50 ribu bibit ikan jelawat, 30.000 ikan papuyu dan 11,5 ribu ikan kelabau," kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin di Danau Hanjalutung, Palangka Raya, Kamis.

Didampingi Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Indriarti Ritadewi, Fairid yang merupakan kepala daerah termuda di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah mengatakan, pelepasan bibit ikan atau "restocking" itu sebagai upaya memperkaya jumlah ikan di danau itu yang selama ini menjadi lokasi penangkapan ikan oleh warga.

Dia pun mengajak masyarakat "Kota Cantik" bijak memanfaatkan potensi di danau tersebut. Diantaranya seperti menangkap ikan dengan cara ramah lingkungan dan menjaga habitat alam agar ikan tetap dapat berkembang biak dengan baik.

Baca juga: Jaga persediaan, Pemkab Seruyan kembali tebar benih ikan di sungai

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Ritadewi menerangkan, potensi budi daya perikanan di kota kota setempat masih sangat besar dan belum dimanfaatkan secara optimal.

"Kami pun berharap dengan pelepas tiga jenis bibit ikan ini bisa membantu menambah, menjaga dan melestarikan populasi ikan di perairan air hitam sehingga potensi dapat dimanfaatkan secara maksimal," katanya.

Indriarti juga meminta masyarakat tidak menggunakan jaring maupun racun dalam penangkap ikan agar tidak mematikan ikan-ikan kecil. Jika saat menangkap ikan terdapat anakan, masyarakat juga diminta melepaskan kembali agar dapat tumbuh besar.

Palangka Raya memiliki perairan seluas 515,8 Kilometer yang terdiri dari luas sungai 100,09 Kilometer, rawa seluas 400,03 Kilometer dan danau seluas 13,63 Kilometer.

Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini sendiri dilalui tiga sungai besar yakni Sungai Kahayan, Sungai Rungan dan Sungai Sabangau serta memiliki sebanyak 103 danau.

Baca juga: DPKP Gumas bagikan belasan ribu bibit ikan untuk kelompok budidaya

Baca juga: Barut tebar 15 ribu bibit ikan di Sungai Barito

Baca juga: Nadalsyah tebar bibit ikan di Dam Trinsing

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar