Bupati Kotim beri penghargaan peduli pendidikan kepada PT Sukajadi Sawit Mekar

id Bupati Kotim beri penghargaan peduli pendidikan kepada PT Sukajadi Sawit Mekar, Sukajadi sawit Mekar, Ssm, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Bupati Kotim beri penghargaan peduli pendidikan kepada PT Sukajadi Sawit Mekar

Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi menyerahkan piagam penghargaan peduli pendidikan kepada PT Sukajadi Sawit Mekar yang diterima Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalteng, Teuku Kanna, Kamis (3/12/2020). ANTARA/HO-PT SSM

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Supian Hadi memberikan piagam penghargaan kepada PT Sukajadi Sawit Mekar atas peran aktif dan kepeduliannya selama ini terhadap dunia pendidikan di daerah ini.

"Penghargaan ini wujud apresiasi dan rasa bangga pemerintah daerah kepada PT Sukajadi Sawit Mekar yang selama ini telah banyak membantu di berbagai bidang, termasuk kali ini apresiasi di bidang pendidikan. Kami berharap pihak perusahaan terus konsisten membantu daerah dan masyarakat karena pendidikan anak-anak bangsa adalah tanggung jawab kita bersama," kata Supian Hadi saat menghadiri peletakan batu pertama Masjid Al Muhajirin Desa Biru Maju Kecamatan Telawang, Kamis 

Piagam penghargaan diserahkan Supian kepada Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah, Teuku Kanna. Turut hadir dalam acara itu, Pelaksana Tugas Camat Telawang Ady Candra.

Supian menyampaikan terima kasihnya karena PT Sukajadi Sawit Mekar yang bernaung di bawah perusahaan besar Musim Mas Group ini, konsisten membantu pemerintah. Pihaknya selalu menerima laporan tentang perusahaan-perusahaan mana saja yang selama ini peduli membantu pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dia mengakui, perlu dukungan swasta agar percepatan pemerataan peningkatan kualitas pendidikan bisa tercapai. Pihak swasta bisa membantu dengan berkoordinasi kepada pemerintah agar program yang dijalankan bisa sejalan sehingga hasilnya lebih maksimal.

Supian sangat mengapresiasi PT Sukajadi Sawit Mekar melalui program CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaannya telah banyak membantu masyarakat dan pemerintah daerah. 

Langkah ini diharapkan dilaksanakan berkelanjutan sehingga masyarakat pun bangga dan merasa memiliki karena kehadiran perusahaan benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat luas.

"Saya berharap ini menjadi motivasi dan konsistensi pihak PT Sukajadi Sawit Mekar untuk terus peduli terhadap daerah dan masyarakat. Saya juga berharap ini menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain yang ada di Kotawaringin Timur ini," ujar Supian.

Pelaksana Tugas Camat Telawang Ady Candra mengatakan, penghargaan tersebut memang berhak didapat PT Sukajadi Sawit Mekar. Selama ini perusahaan besar kelapa sawit tersebut sudah banyak membantu masyarakat dalam banyak hal, seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, usaha ekonomi, penanggulangan bencana dan lainnya.

"Selama ini pihak perusahaan cepat tanggap dalam membantu masyarakat dan pemerintah kecamatan maupun desa. Kami sangat berterima kasih. Mudah-mudahan perusahaan semakin maju dan juga terus meningkatkan partisipasinya membantu masyarakat dan pembangunan daerah," harap Ady Candra.

Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah, Teuku Kanna menyampaikan terima kasih kepada bupati dan jajaran pemerintah daerah yang ternyata selalu memantau dan kini memberikan penghargaan atas kepedulian perusahaannya, khususnya kali ini di bidang pendidikan.

"Kami berterima kasih atas penghargaan dari Pemkab Kotim ini. Kami berkomitmen akan terus berbakti mencerdaskan putra dan putri bangsa, khususnya di Kotim. Melalui Yayasan Anwar Karim yang fokus pada bidang pendidikan, kami berupaya terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan standarisasi yang tidak kalah dari daerah lain," ujar Kanna.

Yayasan Anwar Karim yang dibentuk pihak perusahaan, mengelola Sekolah Dasar (SD) Anwar Karim IV dengan jumlah peserta didik saat ini sebanyak 986 murid. Sekolah yang berlokasi di Desa Sebabi ini menampung murid yang orangtuanya kebetulan menjadi karyawan PT Sukajadi Sawit Mekar.
SD Anwar Karim IV yang selama ini menjadi tumpuan warga Kotim yang bekerja di PT Sukajadi Sawit Mekar untuk menyekolahkan anak-anak mereka agar tetap mendapatkan pendidikan terbaik. ANTARA/HO-PT SSM

Yayasan yang dibentuk pada 2007 lalu itu sangat memperhatikan kualitas pendidikan setempat meski lokasi sekolah mereka jauh dari ibu kota kabupaten. Hasilnya, murid sekolah ini mampu bersaing dalam prestasi, bahkan pernah melaju ke tingkat nasional mewakili Provinsi Kalimantan Tengah dalam O2SN.

Tahun 2021, pihak perusahaan mulai membangun berdirinya sekolah jenjang SMP. Bangunan terdiri dari empat lokal atau ruang belajar, ditambah ruang kepala sekolah, ruang guru, UKS, perpustakaan dan lainnya.

Selain untuk memudahkan anak-anak melanjutkan sekolah, ini juga untuk mendukung program pemerintah dalam wajib belajar sembilan tahun.

PT Sukajadi Sawit Mekar juga membantu di satuan-satuan pendidikan yang dikelola pemerintah. Saat ini perusahaan ini membantu pembangunan ruangan SDN 004 Simpang Sebabi. 

Selain itu, selama ini PT Sukajadi Sawit Mekar juga membantu insentif banyak guru honor yang bertugas di sejumlah sekolah di desa-desa sekitar lokasi perusahaan. Perusahaan ini juga rutin memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang berasal dari desa-desa sekitar perusahaan.

"Kami ingin anak-anak di daerah kita ini mendapatkan pendidikan yang terbaik sehingga peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia bisa terwujud. Perusahaan kami akan konsisten membantu sesuai dengan kemampuan yang kami miliki," demikian Kanna.

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar beri bantuan sapi dukung masyarakat kembangkan peternakan

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar