Rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kotim digelar secara maraton

id Rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kotim digelar secara maraton pilkada Kotim, KPU Kotim, Siti Fathonah Purnaningsih, Sampit, Kotim, Kotawaringi

Rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kotim digelar secara maraton

KPU Kotawaringin Timur menggelar rapat pleno terbuka penghitungan suara tingkat kabupaten untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Senin (14/12/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin di Kabupaten Kotawaringin Timur, digelar secara maraton.

"Berdasarkan jadwal, rapat pleno ini dijadwalkan selama tiga hari yaitu mulai hari ini hingga Rabu (16/12) nanti. Hari ini dilaksanakan sampai mana bisa, sisanya dilanjutkan besok," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Timur, Siti Fathonah Purnaningsih di Sampit, Senin.

Siti Fathonah menyebutkan, dari 17 kecamatan yang ada di kabupaten ini, ada 16 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sudah siap memaparkan hasil penghitungan suara mereka, sedangkan satu kecamatan yaitu Mentawa Baru Ketapang masih melaksanakan rapat pleno.

Rapat pleno di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang lebih lama dibanding kecamatan lainnya karena jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di kecamatan yang merupakan pusat Kota Sampit ini memang cukup banyak yakni 193 TPS.

Selain itu, salah satu TPS di kecamatan ini yakni TPS 20 Jalan Delima 6 Kelurahan Mentawa Baru Hilir harus melakukan pemungutan suara ulang pada Minggu (13/12) lalu karena terjadi pelanggaran aturan saat pemungutan suara pada Rabu (9/12) lalu sehingga pemungutan suara harus diulang.

Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten digelar di hotel terbesar di Sampit mulai pagi hari. Sekitar pukul 16.30 WIB, rapat pleno sudah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara dari sembilan kecamatan.

Baca juga: Umumkan terjangkit COVID-19, Cawabup Irawati banjir simpati masyarakat

Rapat pleno dilanjutkan malam hari pukul 19.30 WIB. Jika belum tuntas seluruh kecamatan, rapat pleno akan kembali dilanjutkan pada Selasa (15/12) pagi.

Rapat pleno dilaksanakan dengan pengamanan ketat kepolisian. Setiap orang yang masuk ke tempat acara wajib mengenakan tanda pengenal serta harus melalui pemeriksaan metal detektor dan pemeriksaan barang bawaan.

Sejak pagi hingga sore, rapat pleno berjalan lancar dengan penyampaian hasil penghitungan suara oleh masing-masing PPK. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hadir dalam acara tersebut dan sempat menyampaikan pertanyaan dan minta penjelasan terkait beberapa hal. 

Setelah mendengar penjelasan dari masing-masing PPK, rekapitulasi bisa diterima dan disahkan. Pleno dilanjutkan untuk kecamatan lainnya dan diharapkan berjalan aman dan lancar.

"Kalau tidak selesai hari ini maka dilanjutkan besok. Untuk partisipasi pemilih, kami belum bisa memperkirakan. Kita tunggu saja hasil akhir pleno rekapitulasi hingga tuntas di seluruh kecamatan," demikian Siti Fathonah.

Baca juga: Partisipasi pemilih Pilkada Kotim menurun