Masyarakat Gumas diimbau rayakan tahun baru secara sederhana

id Masyarakat Gumas,gunung mas,Masyarakat Gumas diimbau rayakan tahun baru secara sederhana

Masyarakat Gumas diimbau rayakan tahun baru secara sederhana

Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Akerman Sahidar mengimbau masyarakat di kabupaten itu agar merayakan tahun baru secara sederhana, bersama keluarga masing-masing.

Perayaan tahun baru secara sederhana bersama keluarga masing-masing hendaknya dilakukan demi menghindari munculnya klaster baru virus corona atau COVID-19, kata Akerman saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

“Lebih baik kita merayakan tahun baru secara sederhana bersama keluarga. Tidak perlu merayakan dengan mengadakan suatu kegiatan yang mengumpulkan orang banyak,” ucap politisi PDI Perjuangan ini.

Baca juga: Dinsos Gumas akan lakukan verifikasi dan validasi DTKS

Dia menuturkan, secara umum saat ini kasus positif COVID-19 terus meningkat. Oleh sebab itu, masyarakat Gumas diminta memahami keadaan yang terjadi saat ini dengan tidak melakukan perayaan tahun baru secara berlebihan.

Disamping itu, pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini juga mengimbau umat Nasrani agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, saat ibadah pergantian tahun nanti.

Dari pantauannya di lapangan, umat Nasrani telah menerapkan protokol kesehatan secara disiplin saat ibadah Natal. Dia berharap kedisiplinan tersebut dapat dipertahankan saat pelaksanaan ibadah tahun baru.

“Saya harap kita semua selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, kapan saja dan di mana saja, khususnya saat beraktivitas di luar rumah. Jangan sekali-kali meremehkan virus tersebut,” tuturnya.

Baca juga: Tindak pidana narkoba di Gumas meningkat selama 2020

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong mengatakan pemerintah kabupaten itu tidak melakukan kegiatan perayaan tahun baru yang biasanya dilakukan setiap pergantian tahun, mengingat secara umum kasus positif COVID-19 meningkat.

Dia juga mengimbau kepada seluruh kepala perangkat daerah, kepala instansi vertikal, camat, aparatur sipil negara, serta masyarakat agar memanfaatkan libur tahun baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Terapkan 4M secara disiplin yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” demikian Jaya.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas bersyukur ibadah dan perayaan Natal berjalan baik

Baca juga: Kapolres Gumas imbau pelaku usaha batasi jam operasional saat Nataru

Baca juga: Pedagang diminta manfaatkan fasilitas yang telah disiapkan Pemkab Gumas