Pemkab Gumas berharap mahasiswa bantu sukseskan berbagai program

id Pemkab Gumas,gunung mas,Pemkab Gumas berharap mahasiswa bantu sukseskan berbagai program

Pemkab Gumas berharap mahasiswa bantu sukseskan berbagai program

Kepala Bappedalitbang Gumas Yantrio Aulia (kiri) menerima cendera mata dari Ketua LPPM UPR, Dr. Ir. Aswin Usup, M.Sc, saat penyambutan mahasiswa peserta KKNT Mandiri UPR, di aula Bappedalitbang setempat, Rabu (10/3/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Yantrio Aulia berharap mahasiswa turut membantu menyukseskan berbagai program pemerintah.

“Mahasiswa merupakan sebuah kekuatan untuk membantu melaksanakan pembangunan di Gumas,” ucap Yantrio saat penyambutan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Mandiri Universitas Palangka Raya (UPR), di Kuala Kurun, Rabu.

Mahasiswa diharap dapat  membantu Pemkab Gumas dalam mendukung percepatan penurunan stunting, terutama mahasiswa yang menjalani KKNT Mandiri di desa/kelurahan yang menjadi lokus stunting di kabupaten itu.

Baca juga: Menhan Prabowo tinjau pengembangan lahan di Gumas bersama Gubernur Kalteng

Selain itu, ujar dia, mahasiswa KKNT Mandiri UPR juga diharap dapat membantu program pengentasan kemiskinan di desa/kelurahan, serta pembangunan desa yang berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Pemkab Gumas membuka diri bagi seluruh universitas yang ingin melakukan KKN di wilayah Gumas. Nantinya, pemkab akan melakukan koordinasi lebih lanjut agar tidak terjadi tumpang tindih kegiatan antara universitas yang satu dengan yang lain.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan kepada Masyarakat (LPPM) UPR, Dr. Ir. Aswin Usup, M.Sc mengatakan, pada tahun ini ada 679 mahasiswa UPR yang akan melakukan KKNT Mandiri di sejumlah kabupaten di Kalteng.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas minta masyarakat tidak bosan menyampaikan usulan

“Di Gumas, 247 mahasiswa akan melakukan KKNT Mandiri di 17 desa yang terletak di empat kecamatan yakni Mihing Raya, Kurun, Tewah, dan Kahayan Hulu Utara. Jumlah mahasiswa yang melakukan KKNT Mandiri di kabupaten ini bisa saja bertambah,” bebernya.

Di Kecamatan Mihing Raya, desa yang menjadi lokasi KKNT Mandiri UPR 2021 ini adalah Tuyun, Tumbang Empas, dan Rangan Tate. Di Kecamatan Kurun, desa yang menjadi lokasi KKNT Mandiri adalah Tanjung Riu, Tumbang Miwan, Tumbang Tariak, dan Hurung Bunut.

Di Kecamatan Tewah, desa yang menjadi lokasi KKNT Mandiri UPR 2021 adalah Batu Nyapau, Teluk Lawah, Kasintu, Upon Batu, Rangan Mihing, Tumbang Habaon, Batu Nyiwuh, dan Sei Riang. Di Kecamatan Kahayan Hulu Utara, desa yang menjadi lokasi KKNT Mandiri adalah Tumbang Pasangon dan Teluk Kanduri.

“Ratusan mahasiswa UPR yang menjalani KKNT Mandiri ini berasal dari berbagai fakultas. Rencananya, mereka menjalani KKNT Mandiri selama sekitar satu bulan, terhitung mulai hari ini,” jelasnya.

Baca juga: DPC Partai Demokrat Kabupaten Gumas tetap setia pada AHY

Baca juga: Sembilan parpol bakal dapat bantuan keuangan dari Pemkab Gumas

Baca juga: Dinas Pertanian Gumas bentuk Kostratani di enam wilayah