Ketua Umum paparkan alasan pembekuan Balakar 545 Kapuas

id Ketua Umum Balakar 545 Kapuas, Kalimantan Tengah, Suparman ,Balakar 545 Kapuas, kabupaten kapuas, kapuas,kalteng

Ketua Umum paparkan alasan pembekuan Balakar 545 Kapuas

Ketua Umum Balakar 545 Kapuas, Suparman. ANTARA/HO

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua Umum Balakar 545 Kapuas, Kalimantan Tengah, Suparman angkat bicara terkait ramainya respon berbagai pihak di laman media sosial, terkait pembekuan organisasi yang dipimpin dirinya.

"Saya sebagai Ketua Umum Balakar 545 Kapuas, tidak pernah memberikan pernyataan untuk pembubaran organisasi ini. Yang saya lakukan adalah membekukan," kata Suparman di Kuala Kapuas, Rabu

Dikatakan, alasan pembekuan yang dilakukan oleh pengurus organisasi relawan kebakaran ini, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 2  Tahun 2017 pasal 59 ayat 3 poin d, menyatakan ormas dilarang melakukan kegiatan yang menjadi tugas dan wewenang penegak hukum.

"Sanksinya pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum. Untuk menghindari itu, sementara saya bekukan," beber Suparman.

Dengan adanya pembekuan tersebut, diharapkan pengurus bisa introspeksi diri dan mengevaluasi kegiatan agar lebih fokus untuk kegiatan kemanusiaan, sosial dan kemasyarakatan.

Baca juga: Pemkab Kapuas perketat pengawasan protokol kesehatan resepsi pernikahan dan ibadah

Kemudian, lanjut Suparman, selama pembekuan yang dilakukan, seluruh aset Balakar 545 Kapuas, tetap berada di sekretariat Balakar 545 Kapuas Jalan Tjilik  Riwut  Nomor 81 Kota Kapuas. Terkait dinonaktifkan sementara media sosial facebook dan whatsapp grub Balakar 545 Kapuas, dalam hal ini, untuk meredam  agar situasi tetap kondusif.

"Apabila mengatasnamakan Balakar 545 baik nama, logo dan sebagainya, baik itu yang ada di medsos maupun lainnya bukan menjadi tanggung jawab kami sebagai pengurus resmi Balakar 545 Kapuas," tegasnya.

Untuk itu, dirinya pun mengimbau kepada BPK dan PMK yang tergabung dalam Balakar 545 Kapuas, agar tetap melaksanakan kegiatan sosial seperti biasa menggunakan atributnya masing-masing.

"Dalam waktu segera, kami akan menggelar rapat untuk pembenahan internal Pengurus Balakar 545 Kapuas," demikian Suparman.

Baca juga: Kapuas raih penghargaan keterbukaan informasi badan publik

Baca juga: Legislator Kapuas dukung target meraih Adipura

Baca juga: Tommy Saputra secara aklamasi terpilih jadi Ketua PKB Kapuas