Dinsos Kalteng kirim empat anggota Tagana ke Jawa Barat

id Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah ,Dinas Sosial Kalimantan Tengah,Sekretaris Dinas Sosial Kalimantan Tengah ,Kalimantan Tengah , Dinsos Kalteng

Dinsos Kalteng kirim empat anggota Tagana ke Jawa Barat

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Budi Santoso saat disambangi di ruang kerjanya, Rabu (24/3/2021). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah mengutus empat orang anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) terbaik yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Barat, untuk mengikuti kegiatan Bantuan Sosial Jambore Nasional yang dipusatkan di tempat wisata Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas Sosial Kalteng Rian Tangkudung melalui Sekretarisnya Budi Santoso di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, kegiatan yang dipusatkan di obyek wisata Pangandaran tersebut dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-17 Tagana.

"Jadi yang berangkat itu hanya perwakilan saja, karena di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, sehingga orang-orang yang dikirim sedikit," katanya.

Budi menjelaskan, empat orang yang diutus mengikuti kegiatan tersebut yang rencananya dilaksanakan mulai tanggal 28 Maret sampai 1 April 2021 itu, juga akan mengadakan beberapa perlombaan.

Perlombaan salah satunya seperti water rescue, kegiatan bakti sosial yaitu penanaman hutan mangrove serta berbagai kegiatan sosial lainnya yang bersifat bermanfaat bagi alam dan masyarakat setempat.

"Mereka di sana selama lima hari akan didampingi Kabid Linjamsos Dinsos Kalteng Farid Wajdi. Kemudian selain lomba kegiatan sosial serta peduli terhadap lingkungan," ucapnya.

Baca juga: Dinsos Kalteng dampingi dua anak yang orangtuanya tewas

Dengan adanya kegiatan tersebut, Sekretaris Dinsos Kalteng itu berharap paling tidak bisa meningkatkan rasa cinta tanah air di dalam diri para anggota Tagana. Apalagi anggota Tagana seluruh Indonesia akan ngumpul disana, namun semuanya tetap disarankan mentaati aturan protokol kesehatan karena acara tersebut berada di tengah pandemi COVID-19.

"Semoga saja kecintaan mereka terhadap tanah air serta sosial mereka setelah mengikuti kegiatan tersebut terus tumbuh dan bisa ditularkan kepada rekan-rekannya yang berada di kabupaten kota yang ada di provinsi Kalteng nantinya," bebernya.

Sebelum mengakhiri wawancaranya dengan sejumlah awak media, ia menambahkan, bahwa HUT ke-17 Tagana akan dilaksanakan secara on-line sehingga pengurus Tagana di daerah dapat menyaksikan prosesi kemeriahan HUT tersebut.

"Harapan saya kegiatan HUT Tahun ini tetap meriah meski terbatas dan di tengah pandemi COVID-19," tandasnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng berikan bantuan untuk korban kebakaran di dua lokasi

Baca juga: Dinsos Kalteng usulkan bantuan korban kebakaran di Palangka Raya

Baca juga: Pemkab Bartim salurkan secara kolektif BST Pemprov Kalteng tahap III