Masyarakat Gumas diminta bantu petugas melakukan vaksinasi rabies

id Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Punding S Merang ,Kabupaten Gunung Mas, DPRD Kabupaten Gunung Mas, DPRD Gumas,Gumas

Masyarakat Gumas diminta bantu petugas melakukan vaksinasi rabies

Legislator Kabupaten Gumas Punding S Merang. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Punding S Merang menyambut baik rencana pelaksanaan vaksinasi rabies yang dilakukan oleh Dinas Pertanian setempat di sejumlah desa pada tanggal 17 sampai 19 Mei 2021.

Masyarakat diminta untuk membantu petugas yang akan melaksanakan vaksinasi rabies bagi anjing dan kucing serta kera, kata Punding saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Senin.

"Supaya lebih mudah, masyarakat bisa menangkap, mengandangkan atau merantai hewan peliharaan, sehingga petugas mudah untuk melaksanakan vaksinasi rabies," tambahnya.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini menyebut, dengan adanya dukungan dari masyarakat, maka diharap petugas dapat menjalankan tugas dengan efektif dan efisien, serta seluruh hewan peliharaan dapat divaksin.

Menurut dia, vaksinasi rabies merupakan hal yang sangat penting guna memastikan hewan peliharaan bebas dari rabies. Sebab, rabies merupakan penyakit menular yang menyerang susunan saraf pusat, dan dapat mengakibatkan kematian.

"Walau mematikan, rabies dapat dicegah dengan rutin melakukan vaksin hewan. Jadi saya imbau masyarakat yang memiliki anjing, kucing atau kera agar memastikan hewan peliharaan mengikuti vaksinasi rabies," paparnya.

Baca juga: Perusahaan di Gumas diingatkan segera laporkan bukti pembayaran THR

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Gumas Rody Aristo melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Yuliana Elisabet mengatakan, pihaknya melaksanakan vaksinasi rabies di beberapa desa di Kecamatan Kurun dan Mihing Raya, 17-19 Mei 2021.

Vaksinasi rabies dimulai di Desa Tumbang Lampahung, Tewang Pajangan, dan Tumbang Miwah Kecamatan Kurun pada Senin (17/5). Kemudian di Desa Tumbang Tariak, Tumbang Hakau, dan Pilang Munduk Kecamatan Kurun pada Selasa (18/5).

Selanjutnya vaksinasi rabies dilaksanakan di Desa Tumbang Empas dan Tuyun, Kecamatan Mihing Raya pada Rabu (19/5). Pelaksanaan vaksinasi rabies di desa-desa tadi dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai selesai.

"Kami mohon bantuan dari masyarakat yang memiliki anjing, kucing dan kera agar menangkap, mengandangkan, atau merantai hewan peliharaan, demi mempermudah petugas melakukan vaksinasi rabies," demikian Yuliana.

Baca juga: Puskesmas Kurun siap fasilitasi lansia ikut vaksinasi COVID-19

Baca juga: Edukasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia tak hanya tugas nakes