Opini WTP kelima jadi motivasi tingkatkan kinerja Pemkab Bartim

id WTP kelima jadi motivasi tingkatkan kinerja Pemkab Bartim, Kalteng, Bartim, barito timur

Opini WTP kelima jadi motivasi tingkatkan kinerja Pemkab Bartim

Bupati Bartim Ampera menerima LHP LKPD tahun anggaran 2020 dengan opini WTP dari Kepala BPK RI Perwakilan Kalteng Ade Iwan Ruswana di Palangka Raya, Jumat (28/5/2021) lalu. ANTARA/HO-Pemkab Bartim

Tamiang Layang  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kelima kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Kalimantan Tengah atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2020.

“Opini yang diraih sebagai momentum untuk kita dalam introspeksi, memperbaiki dan meningkatkan kinerja pemerintahan yang lebih baik,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang layang, Minggu.

Opini yang diraih tersebut diharapkan mampu menciptakan peningkatan kinerja pelayanan publik sehingga membawa manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ampera menginstruksikan seluruh kepala perangkat daerah agar nantinya dalam penyusunan laporan keuangan di instansinya masing-masing mengacu pada arahan dan bimbingan yang diberikan BPK RI Perwakilan Kalteng.

Ditambahkan orang nomor satu di Pemkab Bartim itu, walaupun sudah berhasil meraih opini WTP kelima, seluruh kepala perangkat daerah juga diminta melakukan pembenahan-pembenahan sesuai ketentuan yang berlaku, baik dalam administrasi, penatausahaan dan keuangan serta aset daerah.

“Jangan kita terlena dengan adanya opini WTP ini, sehingga membuat kita lalai,” kata Ampera.

Baca juga: Petugas aktif lakukan penegakan disiplin prokes di wilayah Dusun Tengah

Menurutnya, prestasi yang diraih harus menjadi motivasi kerja untuk menghasilkan kinerja positif dalam memuat program pembangunan pada setiap tahun anggaran untuk melayani hingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ampera mengingatkan, visi daerah yakni mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera melalui pemerintahan yang amanah. Program ini diharapkan menjadi acuan perangkat daerah dalam menyusun program pembangunan daerah dengan mengedepankan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja sama untuk mempertahankan dan meraih kembali opini WTP kelima kalinya ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah, Ade Iwan Ruswana menyerahkan laporan hasil pemeriksaan LKPD Pemkab Barito Timur tahun anggaran 2020 dengan opini WTP kepada Bupati Ampera AY Mebas di Palangka Raya, Jumat (28/5) lalu. Kegiatan itu juga dihadiri Ketua DPRD Barito Timur, Nursulistio.

Baca juga: DPRD Bartim temukan ribuan kartu tani tidak tersalurkan