Legislator Gumas: Beasiswa Gunung Mas Pintar harus tepat sasaran

id Legislator Gumas,gunung mas,Legislator Gumas: Beasiswa Gunung Mas Pintar harus tepat sasaran ,berita kalteng

Legislator Gumas: Beasiswa Gunung Mas Pintar harus tepat sasaran

Legislator Kabupaten Gumas Rayaniatie Djangkan. (ANTARA/HO-PWI Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rayaniatie Djangkan mengingatkan kepada pemerintah kabupaten setempat agar benar-benar menyeleksi penerima beasiswa yang berasal dari pemerintah daerah yakni Gunung Mas Pintar.

“Penerima beasiswa Gunung Mas Pintar harus benar-benar diseleksi, sehingga beasiswa tersebut tepat sasaran dan diterima oleh mereka yang benar-benar layak,” ucap Rayaniatie saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyebut, beasiswa Gunung Mas Pintar ditujukan kepada peserta didik tidak mampu dan berprestasi, tentunya yang memenuhi beberapa kriteria dan persyaratan.

Jangan sampai, tutur wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini, beasiswa Gunung Mas Pintar disalurkan kepada mereka yang tidak memenuhi kriteria.

Baca juga: Pengisian perangkat desa di Gumas sesuai Permendagri

Secara khusus, dia menyambut baik program beasiswa Gunung Mas Pintar, yang dinilai sangat bermanfaat bagi para pelajar. Terlebih  terjadinya pandemi COVID-19 sedikit banyak mempengaruhi perekonomian masyarakat.

Dia berharap ke depan Gunung Mas Pintar akan terus berlanjut, sehingga ke depan tidak ada lagi generasi muda dari kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau yang putus sekolah karena tidak ada biaya.

Untuk diketahui, Pemkab Gumas telah menyalurkan beasiswa Gunung Mas Pintar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten tahun anggaran 2020, pada awal Mei 2021 lalu.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Gumas Esra mengatakan, penyaluran beasiswa Gunung Mas Pintar dari APBD kabupaten tahun anggaran 2020, baru bisa disalurkan pada tahun 2021 karena satu  dan lain hal.

Baca juga: Pembangunan listrik desa di 6 desa/kelurahan di Gumas segera direalisasikan

Dia menerangkan bahwa penyaluran beasiswa memang dilakukan menjelang tahun pelajaran baru atau momen kenaikan kelas, supaya peserta didik penerima beasiswa bisa menggunakan beasiswa untuk membeli keperluan sekolah.

Beasiswa yang diterima oleh peserta didik bukan berupa uang tunai, supaya tidak disalahgunakan. Namun penerima beasiswa bisa membeli keperluan sekolah di toko dengan menunjukkan buku tabungan beasiswa tersebut.

Terpisah, Kepala Seksi Kurikulum SD dan SMP Cendrawan mengatakan bahwa secara keseluruhan pemkab menyalurkan beasiswa Gunung Mas Pintar senilai Rp1,371 miliar kepada 914 peserta didik.

“Peserta didik SD yang mendapat beasiswa berjumlah 590 orang, peserta didik SMP berjumlah 260, dan SMA berjumlah 64 yang tersebar di 12 kecamatan. Masing-masing menerima beasiswa Rp1,5 juta,” jelas Cendrawan.

Baca juga: Fraksi Partai Golkar DPRD Gumas sarankan data penerima bansos dievaluasi

Baca juga: Fraksi Nasdem-Hanura DPRD Gumas pertanyakan kendala pembayaran TPP

Baca juga: FGKB DPRD Gumas sarankan kades diberi kewenangan memilih perangkat

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar