PDI Perjuangan Gumas siap bantu penanganan karhutla

id PDI Perjuangan Gumas,gunung mas,PDI Perjuangan Gumas siap bantu penanganan karhutla,berita kalteng

PDI Perjuangan Gumas siap bantu penanganan karhutla

DPC PDI Perjuangan Gumas bersama BPBD dan Polres berfoto bersama, usai apel gabungan dan simulasi karhutla, di halaman kantor BPBD setempat, Jumat (11/6/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Akerman Sahidar menyatakan pihaknya siap membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“DPC PDI Perjuangan Gumas sudah punya personel khusus, dan akan kami daftarkan untuk membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam menangani karhutla,” ucap Akerman di Kuala Kurun, Jumat.

Agar para personel khusus DPC PDI Perjuangan Gumas siap membantu penanganan karhutla, pihaknya bersama BPBD dan Polres Gumas melaksanakan apel gabungan dan simulasi karhutla, di halaman kantor BPBD Gumas.

Simulasi, tutur dia, diikuti tujuh orang perwakilan dari Pengurus Anak Cabang (PAC) Kecamatan Tewah, delapan orang perwakilan dari PAC Kecamatan Kurun, ditambah pengurus DPC PDI Perjuangan Gumas.

Baca juga: Peserta didik SLBN Kuala Kurun juara 3 menari FLS2N PDBK Kalteng

“Kapan saja ada peristiwa karhutla, personel khusus dari DPC PDI Perjuangan Gumas siap membantu,” papar pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini.

Kepala Pelaksana BPBD Gumas Champili mengatakan, keterlibatan seluruh pihak dalam penanganan karhutla sangat diperlukan. Dia pun menyambut baik partisipasi partai politik dalam upaya penanganan karhutla.

BPBD Gumas juga membuka diri bagi pihak mana saja yang ingin berpartisipasi dalam penanganan karhutla, dan siap melatih mereka yang ingin terlibat dalam penanganan karhutla.  

“Kalau di BPBD Gumas, ada 23 personel yang dipersiapkan khusus untuk menangani karhutla, dan bersiap di pos setiap hari. Kami juga berkolaborasi dengan pihak lain seperti TNI/Polri dan lainnya,” bebernya.

Baca juga: Polres Gunung Mas musnahkan 7,4 gram sabu

Senada, Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman menyambut baik keterlibatan DPC PDI Perjuangan Gumas dalam upaya penanganan karhutla. Dia berharap ke depan parpol lain juga ikut terlibat dalam penanganan karhutla.

Polres Gumas menyiapkan 35 personel untuk bergabung dalam pos penanganan karhutla, bergabung dengan BPBD, TNI, dan pihak lainnya. Tambahan personel dari PDI Perjuangan tentu akan sangat membantu dalam penanganan karhutla.

“Ini menunjukkan sinergitas yang baik, keinginan masyarakat Gumas dalam rangka mencegah karhutla. Kita mengharapkan parpol lain ikut andil, baik secara moril, tenaga, maupun sarana prasarana dan lainnya,” demikian Rudi.

Baca juga: Aset Pemkab Gumas senilai Rp344 juta berhasil diselamatkan

Baca juga: Legislator Gumas: Beasiswa Gunung Mas Pintar harus tepat sasaran

Baca juga: Pengisian perangkat desa di Gumas sesuai Permendagri