Palangka Raya gencarkan vaksinasi COVID-19 secara massal

id Palangka Raya gencarkan vaksinasi COVID-19 secara massal, Kalteng, Palangka Raya

Palangka Raya gencarkan vaksinasi COVID-19 secara massal

Dokumentasi. Warga mengikuti vansinasi COVID-19 massal di Palangka Raya, beberapa waktu lalu. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah bersama berbagai pihak terkait terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 secara massal sebagai upaya melindungi masyarakat dari paparan virus tersebut.

"Setidaknya besok di Kota Palangka Raya ada 12 lokasi vaksinasi COVID-19 dengan total target 4.470 masyarakat tervaksin," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo di Palangka Raya, Minggu.

Dia menerangkan vaksinasi COVID-19 itu menyasar masyarakat usia 18 ke atas, warga  lanjut usia, warga pra lanjut usia dan petugas pelayanan publik.

Vaksinasi tersebut dijadwalkan dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai dan dilaksanakan di Stadion Sanaman Mantikei, Aula Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah dan Biddokkes Polda Kalteng.

Kemudian Puskesmas Menteng, Puskesmas Jekan Raya, Puskesmas Rakumpit, Puskesmas Kereng Bangkirai, Puskesmas Tangkiling, Puskesmas Pahandut, RSUD Kota Palangka Raya, RSUD dr Doris Sylvanus dan RSI PKU Muhammadiyah.

"Syaratnya cukup mudah yakni hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik.  Nantinya calon peserta vaksin juga akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk melihat kondisi kesehatannya," kata Andjar.

Selama tahapan vaksinasi COVID-19 pihaknya juga berharap warga dapat bersabar dan selalu menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari potensi penyebaran COVID-19.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diingatkan tak jadikan COVID-19 hambatan inovasi pelayanan

Di sisi lain dalam rangka percepatan capaian vaksinasi COVID-19 Pemerintah "Kota Cantik" bersama pihak terkait juga melaksanakan vaksinasi jemput bola. Seperti yang dilakukan pada Sabtu (26/6) malam vaksinasi COVID-19 menyasar pengunjung kafe di Palangka Raya.

Sementara itu Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin meminta masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan meminta warganya meningkatkan imun tubuh dengan memperbanyak olahraga mandiri, makan-makanan yang sehat dan dan bergizi serta banyak mengandung vitamin.

Fairid pun mengajak masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah untuk mengikuti program vaksin COVID-19 sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh dari paparan virus yang beberapa kali mengalami mutasi tersebut.

Menurut dia penerapan protokol kesehatan secara ketat vaksinasi juga merupakan salah satu upaya ampuh menangkal paparan COVID-19.

Baca juga: Fairid Naparin: Tak ditemukan COVID-19 varian Delta di Palangka Raya