DPRD Kotim minta keseriusan perusahaan bantu perbaikan jalan lingkar selatan

id DPRD Kotim minta keseriusan perusahaan membantu perbaikan jalan lingkar selatan, Kalteng, DPRD Kotim, Rudianur, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

DPRD Kotim minta keseriusan perusahaan bantu perbaikan jalan lingkar selatan

Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur (pakai peci) saat meninjau kerusakan Jalan Mohammad Hatta atau jalan lingkar selatan, Kamis (27/5/2021) lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Rudianur meminta keseriusan perusahaan besar untuk membantu perbaikan Jalan Mohammad Hatta atau lingkar selatan yang saat ini kondisinya kembali rusak.

"Perusahaan harus peduli membantu karena anggaran pemerintah terbatas, apalagi saat ini ada refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19. Perusahaan diharapkan membantu penanganannya karena ini juga untuk kepentingan bersama," kata Rudianur di Sampit, Rabu.

Ruas jalan lingkar selatan membentang dari Bundaran Balanga Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran KB Jalan HM Arsyad. Jalan ini merupakan trase khusus sehingga kendaraan berat yang hendak menuju maupun dari Pelabuhan Bagendang di Jalan HM Arsyad, tidak harus masuk melintasi jalan-jalan dalam Kota Sampit.

Namun belakangan ini ruas jalan tersebut rusak parah bahkan banyak truk yang terbalik. Kondisi inilah yang menjadi alasan sehingga banyak kendaraan berat kini beralih melintasi jalan-jalan dalam kota.

Dampak masuknya kendaraan berat ke dalam kota membuat jalan menjadi rusak seperti Jalan Kapten Mulyono, Pelita dan HM Arsyad. Saat ini pemerintah kabupaten sedang menangani secara darurat sejumlah titik kerusakan parah di jalan-jalan tersebut.

Sementara itu ruas jalan lingkar selatan juga mulai diperbaiki. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kotawaringin Timur menurunkan alat berat untuk menimbun dan meratakan material agregat kelas B yaitu campuran tanah dan batu. 

Baca juga: Banyak pelamar CASN Kotim keliru saat mendaftar

Penanganan darurat tersebut menggunakan 250 meter kubik material yang merupakan bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Tengah.

Jika jalan lingkar selatan sudah fungsional dan lancar dilewati maka kendaraan berat diharapkan tidak lagi masuk melintasi jalan dalam kota. Untuk itu perusahaan diminta membantu agar semakin banyak titik kerusakan yang bisa diperbaiki.

"Informasinya Pak Bupati sudah bertemu dengan pimpinan-pimpinan perusahaan. Kami berharap perusahaan segera merealisasikan bantuan untuk perbaikan jalan tersebut," harap Rudianur.

Politisi Partai Golkar ini berharap semua pihak membantu peningkatan infrastruktur daerah. Terlebih, perbaikan kerusakan jalan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca juga: DPRD ingatkan pentingnya perencanaan program pengentasan kemiskinan di Kotim