Bupati Kapuas resmikan dua tugu taman makam pahlawan

id Bupati Kapuas resmikan dua tugu taman makam pahlawan, Kalteng, Kapuas, Ben brahim s bahat

Bupati Kapuas resmikan dua tugu taman makam pahlawan

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, menandatangani prasasti peresmian dua TMP Kencana dan Surya Candra Kabupaten Kapuas, Senin (16/8/2021). ANTARA/ HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat, meresmikan Tugu Taman Makam Pahlawan (TMP) Kencana dan TMP Surya Candra Anjir Serapat, Kacamatan Kapuas Timur yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti di TMP Kencana Jalan Ahmad Yani Kuala Kapuas, Senin (16/8).

“Ini semua wujud dari penghargaan kita terhadap para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawan yang telah berjuang,” kata Bupati Ben Brahim S Bahat, usai meresmikan dua taman makam pahlawan tersebut.

Orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini mengucapkan rasa syukur, karena dalam kegiatan ini telah diresmikan tugu Taman Makam Pahlawan Kencana dan Tugu Taman Makam Pahlawan Surya Candra Anjir Serapat Kapuas Timur.

Dikatakannya, setiap orang harus meneladani apa yang telah dilakukan para pejuang dengan cara memelihara kerukunan, kedamaian, kebersamaan. Ini adalah modal dasar untuk membangun bangsa yang kuat, serta selalu tanggap dan tulus melayani masyarakat.

Ben berpesan agar Tan makam pahlawan tersebut dapat dijaga dan dirawat dengan baik, sehingga kedepan dapat dijadikan destinasi wisata ketika orang luar daerah berkunjung ke Kabupaen Kapuas.

Baca juga: Petugas PPKM di Kapuas berjaga hingga di jalan pintas

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, bahwa taman makam pahlawan tersebut di bangun sejak tahun 1982 dan belum pernah dilakukan renovasi sejak tahun tersebut.

Tahun ini Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menorehkan sejarah memperbaiki dan merehabilitasi tugu sesuai standar ketentuan pemerintah, sehingga dapat diresmikan dan digunakan serta dimanfaatkan untuk kepentingan acara kenegaraan ataupun acara yang lain.

“Ini merupakan ikon pemerintah, secara umum yang diperbaiki adalah tugu, lambang negara atau ornamen Burung Garuda yang terbuat dari tembaga,” demikian Budi Kurniawan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Legiun Veteran RI Kabupaten Kapuas Fadlansyah D R, Ketua DPRD Kapuas Ardiansah, unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, Sekretaris Daerah Septedy, Kepala Organisasi Perangkah Daerah (OPD) Kabupaten Kapuas dan turut hadir secara virtual Camat Kapuas Timur Yan Safriansyah, Para ahli waris pejuang kemerdekaan berserta unsur Tripika Kecamatan Kapuas Timur yang bertempat di TMP Surya Candra Kapuas Timur.

Baca juga: Mendapatkan manfaat dari 'personal branding' di era digital

Baca juga: Kwarcab Pramuka dan DKD Kapuas hibur warga jalani karantina COVID-19