Bupati tinjau kemajuan pembangunan jalan wilayah hilir Katingan

id Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Sakariyas, Katingan, Kabupaten Katingan, Kalteng

Bupati tinjau kemajuan pembangunan jalan wilayah hilir Katingan

Bupati Katingan Sakariyas (kiri empat) meninjau jalan di Kecamatan Mendawai, Rabu (25/8/2021). ANTARA / HO-Fb Kecamatan Mendawai

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Sakariyas meninjau pembangunan badan jalan dari Kereng Pakahi Kecamatan Kamipang menuju Kampung Melayu Kecamatan Mendawai.

"Peninjauan badan jalan ini dalam rangka kunjungan kerja ke wilayah Katingan bagian selatan atau hilir," kata Sakariyas, Rabu.

Dikatakan, dalam melaksanakan pembangunan jalan itu, Pemkab Katingan menggandeng dua perusahaan besar swasta bidang perkebunan kelapa sawit yang menanamkan modal di Katingan. Dua PBS itu telah melakukan penandatangan MoU terkait komitmen membangun badan jalan menuju wilayah hilir/selatan melalui dana CSR-nya.

Dua perusahaan besar swasta itu yakni PT Arjuna Utama Sawit (AUS dan PT Persada Era Agro Kencana (PEAK). Dalam kunjungan kerja itu, bupati didampingi Camat Kamipang Ade Irwan. Dari perjanjian dengan Pemerintah Kabupaten Katingan, kedua perusahaan tersebut masing-masing membangun badan jalan di sekitar hak guna usaha atau HGU mereka masing-masing.

Untuk PT AUS, rencana badan jalan yang dikerjakan sepanjang sekitar 30 kilometer, mulai dari titik nol di Kereng Pakahi Kecamatan Kamipang hingga mendekati batas HGU wilayah PT AUS.

Selanjutnya dari PT PEAK bakal menyambung pembangunan badan jalan hingga ke wilayah Desa Kampung Melayu masuk Kecamatan Mendawai dengan panjang juga sekitar 30 kilometer.

"Saya minta pada tahun ini PT Arjuna Utama Sawit harus menyelesaikan pembukaan jalan tersebut," ucap Sakariyas.

Orang nomor satu di Kabupaten Katingan ini menyebutkan jika tidak selesai maka dia tidak segan menutup akses jalan kabupaten menuju perusahaan tersebut.

Baca juga: Pemkab Katingan salurkan bantuan sembako dan obat-obatan

Bupati menerangkan dibukanya jalan tersebut berfungsi dan bermanfaat untuk membuka keterisolasian daerah Katingan selatan. Pasalnya, sejauh ini wilayah Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala serta sebagian desa di wilayah Kamipang belum bisa diakses melalui jalan darat.

Sakariyas menyebutkan Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala notabene merupakan penghasil gabah terbesar di Katingan.

Dia berharap dengan terbukanya akses jalan itu muncul efek domino mengangkat perekonomian masyarakat Katingan khususnya warga sekitar seperti, pertanian, perikanan, wisata dan lainnya.

"Semoga dengan terbukanya jalan ini nanti masyarakat Katingan bisa meningkatkan perekonomian dan bisa mengolah hasil potensi produk lainnya," katanya.

Sementara itu, Camat Kamipang, Ade Irwan berharap dengan adanya kunjungan kerja bupati dan rombongan meninjau pembangunan jalan tersebut dapat mempercepat dan memperlancar pelaksanaannya.

Baca juga: Pemkab Katingan inventarisasi dan amankan aset daerah