Palangka Raya terima penghargaan kategori pengawasan-pengendalian ASN

id Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, HeraNug

Palangka Raya terima penghargaan kategori pengawasan-pengendalian ASN

Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (dua kiri) menerima penghargaan untuk Pemkot setempat dalam kategori pengawasan dan pengendalian Aparatur Sipil Negara (ASN) di Palangka Raya, Senin (30/8/2021). ANTARA/Rendhik Andika.

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Hera Nugrahayu membenarkan bahwa pemerintah setempat berhasil menerima penghargaan dalam kategori pengawasan dan pengendalian Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

"Piagam penghargaan dari BKN ini atas kinerja pemerintah kota dalam kategori pengawasan dan pengendalian manajemen ASN untuk kabupaten/kota Level B," kata Hera di Palangka Raya, Senin.

Penyerahan piagam penghargaan oleh BKN kepada Pemkot "Kota Cantik" Raya itu dilakukan di Komplek Kantor Wali Kota Palangka Raya dan diterima langsung oleh Sekda Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

"pun mengapresiasi kinerja para kepala dinas dan badan dalam mengawasi dan mengendalikan kepegawaian di tubuh Pemkot. Penghargaan ini sebagai bentuk perhatian BKN di tengah pandemi," kata Hera.

Apalagi, lanjut dia pengawasan dan pengendalian terhadap aparatur sipil negara tidak mudah dilakukan mengingat saat ini ada sekitar 5.000 ASN dan sekitar 2.000 tenaga honorer di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

"Perlu komitmen semua pihak baik pejabat kepegawaian hingga kepala perangkat daerah untuk mewujudkan dan menyukseskan penyelenggaraan manajemen birokrasi yang transparan, profesional, adil dan merata efektif dan efisien," katanya.

Untuk itu, penghargaan tersebut juga harus menjadi pemacu semangat dalam mewujudkan birokrasi pemerintah yang profesional, tanggap serta adaptif dan inovatif serta kreatif dalam menghadapi berbagai dinamika.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengaku bersyukur atas prestasi yang diterima Pemkot setempat di tengah perjuangan melawan pandemi COVID-19. Bagi dirinya, capaian ini bukan akhir, melainkan penyemangat bagi pemkot.

"Penghargaan tentunya harus dimaknai untuk semakin profesional dan inovatif dalam memberikan pelayanan, melaksanakan tugas serta menjadi pemacu sekaligus meningkatkan kinerja," kata Fairid.

Baca juga: Warga Palangka Raya diminta manfaatkan stimulus lunasi tunggakan pajak

Ajang BKN Award 2021 sendiri mencakup lima kategori berbeda yakni perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun, serta kategori implementasi SAPK dan pemanfaatan CAT. Kemudian Kategori penilaian kompetensi, kategori implementasi penilaian kinerja, serta kategori komitmen pengawasan dan pengendalian.

Penghargaan ini dilakukan BKN sebagai bagian dari pembinaan dalam penyelenggaraan manajemen ASN secara nasional sekaligus juga bentuk apresiasi terhadap instansi yang berhasil menjalankan tugas masing-masing butir manajemen tersebut.

Adapun instansi pemenang pada BKN Award 2021 itu meliputi kementerian dan lembaga negara, lembaga pemerintah non-kementerian, instansi pemerintah daerah mulai tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota didasarkan masing-masing tipe instansi.

Baca juga: Dinkes Palangka Raya prioritaskan vaksinasi untuk ibu hamil