Pemkab Bartim mematangkan kesiapan pembangunan pabrik pakan ternak

id Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas, Barito Timur, Kabupaten Barito Timur, Bartim, Kalteng

Pemkab Bartim mematangkan kesiapan pembangunan pabrik pakan ternak

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas membenarkan bahwa pihaknya terus berupaya mematangkan kesiapan membangun pabrik pakan ternak, agar perekonomian kerakyatan dapat berkelanjutan.

"Rencana lokasi pakan ternak unggas di Desa Bentot, Kecamatan Patangkep Tutui dan pabrik pakan ikan di wilayah Kecamatan Banua Lima," kata Ampera di Tamiang Layang, Sabtu.

Menurutnya, harapan terbangunnya pabrik pakan ternak bisa membantu daerah mensukseskan visi misi ekonomi kerakyatan hingga bisa mensejahterakan petani untuk kedepannya. Petani bisa menjual tanaman bahan baku pakan dari hasil pertaniannya, seperti jagung pakan ternak dan pabrik akan melakukan pengolahan pakan ternak jadi yang siap dipasarkan.

Dia mengatakan dipilihnya lokasi di Kecamatan Patangkep Tutui dan Benua Lima karena langsung berbatasan dengan wilayah Kabupaten Tabalong, sehingga bisa memenuhi kebutuhan dalam daerah dan bisa menjadi dilakukan suplai ke kabupaten tetangga yang membutuhkan.

"Tentunya harga akan bersaing dan mengikuti harga pasar sehingga harga di dalam daerah kita bisa stabil," kata Ampera.

Orang nomor satu di Pemkab Bartim itu menyebut, harga yang stabil yakni harga yang cukup baik di dalam daerah. Di mana peternak bisa membelinya dengan harga terjangkau, sehingga bisa lebih sejahtera.

Baca juga: Sejumlah desa di Bartim dilanda banjir

Selain itu, kata pria kelahiran 3 Agustus 1967 itu, peternak ayam petelur juga bisa membeli harga pakan terjangkau dan bisa menjual telur ayam dengan harga yang baik dan kompetitif di pangsa pasar.

Pria lulusan Magister Manajemen itu menambahkan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMDSos) bisa mengarahkan pembentukan pabrik yang bisa dikelola bersama oleh semua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kecamatan Patangkep Tutui maupun di Kecamatan Benua Lima.

"Diarahkan untuk membentuk BUMDes bersama agar bisa menjadi pendapatan bagi pemerintah desa. Ini karena selama ini (BUMDes) juga terlihat usahanya yang dikelola tidak berjalan dengan baik," ujar  Ampera.

Pemkab Barito Timur berkomitmen mendorong pembentukan pabrik pakan segera ditindaklanjuti dan berkomitmen dalam pengurusan legalitas perizinannya.

Baca juga: Bupati Bartim evaluasi program ekonomi kerakyatan triwulan III

Baca juga: Banjir di Ampah Kota terjadi pada beberapa rukun tetangga

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021