Legislator Kotim dukung pembelajaran tatap muka dilanjutkan

id Legislator Kotim dukung pembelajaran tatap muka dilanjutkan, Kalteng, DPRD Kotim, Sanidin, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Legislator Kotim dukung pembelajaran tatap muka dilanjutkan

Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur Sanidin (kemeja putih) bersama Bupati Halikinnor dan Kepala Dinas Pendidikan Suparmadi memantau pembelajaran tatap muka di SMPN 1 Sampit, Senin (20/9/2021). ANTARA/HO-Pemkab Kotim

Sampit (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Sanidin mendukung pembelajaran tatap muka dilanjutkan jika kasus penyebaran COVID-19 terus menurun.

"Jika sudah memenuhi dan sesuai dengan ketentuan terkait protokol kesehatan, saya kira bisa dilanjutkan," kata Sanidin di Sampit, Selasa.

Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur sudah mengizinkan pembelajaran tatap muka secara terbatas mulai Senin (30/8) lalu. Kebijakan ini berdasarkan koordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 seiring menurunnya kasus COVID-19 di Kotawaringin Timur.

Saat ini kasus COVID-19 di kabupaten ini terus menurun. Ini menjadi acuan dalam mempertimbangkan melanjutkan pembelajaran tatap muka.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur perkembangan COVID-19 pada Selasa siang, terdapat pasien sembuh sebanyak 11 orang dan tidak terdapat kasus baru maupun pasien wafat.

Secara keseluruhan jumlah kasus COVID-19 di Kotawaringin Timur sudah mencapai 5.163 kasus yang terdiri dari 4.925 kasus sembuh, 37 orang masih ditangani dan 201 orang telah wafat.

Senin (20/9) kemarin, Sanidin bersama Bupati Halikinnor dan Kepala Dinas Pendidikan Suparmadi memantau pembelajaran tatap muka di SMPN 1 Sampit. Ini sekaligus melihat penerapan protokol kesehatan di sekolah tersebut.

Sanidin menekankan bahwa pembelajaran tatap muka tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Ini menjadi syarat mutlak agar pembelajaran tatap muka berjalan aman tanpa ada penularan COVID-19.

Baca juga: Legislator Kotim minta kerusakan jalan imbas perbaikan gerbang segera diperbaiki

Dia meminta pihak sekolah tidak abai dalam menerapkan protokol kesehatan meski saat ini kasus penularan COVID-19 di Kotawaringin Timur jauh menurun. Pandemi virus mematikan ini belum berakhir sehingga harus tetap diwaspadai.

Sementara itu Bupati Halikinnor mengatakan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan terus mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka meski saat ini kasus penularan COVID-19 terus melandai.

"Kalau terjadi peningkatan kasus COVID-19 atau muncul klaster baru, ini yang kita hindari. Keselamatan anak-anak menjadi perhatian utama. Tapi kalau tren menurun maka pembelajaran tatap muka kita laksanakan seperti saat normal," kata Halikinnor.

Pembelajaran tatap muka tetap dijalankan sesuai protokol kesehatan, khususnya diisi maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan. Dinas Pendidikan juga telah diinstruksikan untuk terus mengawasi dan mengevaluasi perkembangan pembelajaran tatap muka tersebut.

Pembelajaran tatap muka dirasakan lebih mudah dimengerti karena peserta didik bisa langsung berinteraksi dengan guru maupun sesama teman satu kelasnya. Pemerintah daerah berharap penularan COVID-19 terus menurun sehingga proses belajar dan mengajar bisa kembali normal seperti sediakala.

Baca juga: Pramuka Kotim diminta jadi teladan adaptasi kebiasaan baru

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021