Operasi Patuh Telabang di Kotim dioptimalkan dukung vaksinasi COVID-19

id Operasi Patuh Telabang di Kotim dioptimalkan dukung vaksinasi COVID-19, Kalteng, polres Kotim, Abdoel Harris Jakin, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Operasi Patuh Telabang di Kotim dioptimalkan dukung vaksinasi COVID-19

Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Abdoel Harris Jakin memantau vaksinasi di depan objek wisata Ikon Jelawat, Minggu (3/10/2021). ANTARA/HO-Polres Kotim

Sampit (ANTARA) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengoptimalkan Operasi Patuh Telabang untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 melalui program Vaksinasi Corner.

"Kami semaksimal mungkin mendukung program vaksinasi COVID-19 ini. Salah satunya Operasi Patuh Telabang ini juga kami arahkan secara optimal untuk mendukung suksesnya vaksinasi COVID-19," kata Kapolres AKBP Abdoel Harris Jakin di Sampit, Minggu.

Satuan Lalu Lintas Polres Kotawaringin Timur bersama Polda Kalimantan Tengah menggelar pelayanan Vaksinasi Corner di sudut persimpangan Mako Polsek Kawasan Pelabuhan Mentaya dan Ikon Jelawat Sampit.

Lokasi ini dipilih karena strategis dan banyak dilalui warga karena merupakan kawasan pelabuhan, pasar dan objek wisata. Selain melaksanakan pengaturan lalu lintas, polisi juga memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19.

Jakin menjelaskan, Operasi Patuh Telabang 2021 memiliki target diantaranya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 serta mencegah kerumunan massa. Selain itu operasi ini untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas, memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan lantas serta menurunkan level PPKM.

Satuan Lalu Lintas Polres Kotawaringin Timur menjabarkan pelaksanaanya pada salah satu langkah mitigasi COVID-19 yaitu dengan menggelar Vaksinasi Corner. Kegiatan ini bertujuan menciptakan masyarakat tertib, masyarakat sehat dan Indonesia maju dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi warga masyarakat menuju "herd immunity" atau kekebalan kelompok.

Baca juga: 114 peserta seleksi CASN Pemkab Kotim dipastikan gugur

Kegiatan ini didukung Tim Urdokkes, anggota Polwan Polres Kotawaringin Timur dan Personel Batalyon Vaksinator Polda Kalteng, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur. Tim berbagi tugas mulai proses pendaftaran, skrining, vaksinasi dan penginputan data yang semuanya mengikuti protokol kesehatan.

Vaksinasi kali ini dialokasikan untuk 150 orang warga yang telah tertib disiplin berlalu lintas selama berjalannya kegiatan operasi Patuh Telabang 2021 di wilayah Kotawaringin Timur. Pelayanan vaksinasi yang diberikan yaitu suntikan vaksin untuk dosis pertama dan kedua.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kepolisian melakukan mitigasi COVID-19 dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Telabang 2021, untuk bisa meningkatkan kuantitas orang yang divaksin dan kualitas bentuk pelayanannya, semaksimal mungkin supaya tidak terjadi kerumunan serta tidak mengganggu aktifitas masyarakat," ujar Jakin.

Kegiatan ini disambut antusias masyarakat. Peserta vaksinasi sangat berterima kasih karena bisa mendapatkan kesempatan divaksinasi karena vaksinasi sangat penting untuk mencegah penularan COVID-19.

"Saya sudah berapa kali ingin ikut vaksinasi di puskesmas dan lokasi lain, tapi selaku kehabisan. Alhamdulillah hari ini saya bisa dapat kesempatan. Terima kasih atas bantuan Polres Kotawaringin Timur dan instansi lainnya. Ini sangat bermanfaat," demikian Budi, salah seorang peserta vaksinasi.

Baca juga: Ketua DPRD Kotim dorong percepatan peningkatan jalan permukiman

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021