Legislator Gumas: Kaum perempuan harus lebih berperan dalam pembangunan

id DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rayaniatie Djangkan, Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, Gumas, Anggota DPRDGumas

Legislator Gumas: Kaum perempuan harus lebih berperan dalam pembangunan

Kades Tanjung Riu Walter S Sindi melantik Yensi sebagai Kasi Pemerintahan, di kantor desa setempat, Selasa (12/10/2021). ANTARA/HO – Diskominfosantik Gumas

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rayaniatie Djangkan mengajak seluruh kaum perempuan di wilayah setempat, lebih aktif mengambil peran dalam berbagai kegiatan pembangunan di berbagai tingkatan.

"Perempuan di Gumas harus berperan dan ambil bagian dalam berbagai kegiatan pembangunan di berbagai tingkatan, termasuk di tingkat desa/kelurahan," kata Rayaniatie saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Menurut Anggota DPRD Gumas itu, saat ini kesadaran kaum perempuan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ untuk berperan dan ambil bagian dalam berbagai kegiatan pembangunan sudah semakin baik.

Terbaru, tutur dia, Kepala Desa Tanjung Riu, Kecamatan Kurun, Walter S Sindi melantik seorang perempuan yakni Yensi sebagai Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan pada pemerintahan desa setempat.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini mengaku bangga semakin banyak kaum perempuan Gumas yang berperan dan ambil bagian dalam kegiatan pembangunan.

"Sebelumnya kaum perempuan Gumas sudah ada yang menjadi Ketua Rukun Tetangga, anggota badan permusyawaratan desa, lurah, kepala desa, dan lainnya. Hal ini sangat membanggakan," paparnya.

Politisi PAN ini berharap ke depan semakin banyak kaum perempuan Gumas yang berperan dan ambil bagian dalam kegiatan pembangunan, tentunya dengan tidak mengabaikan tugas sebagai seorang istri dan ibu.

Baca juga: Bupati Gumas: BPD dan kades jangan saling bertolak belakang

Untuk diketahui, Kades Tanjung Riu Walter S Sindi melantik Yensi sebagai Kasi Pemerintahan, menggantikan Kasi Pemerintahan sebelumnya yakni Untung A Sera yang mengundurkan diri karena satu dan lain hal.

Saat ini, sambung dia, Pemerintah Desa Tanjung Riu memiliki sejumlah perangkat desa dengan susunan Sekretaris Iwan Yani, Kasi Kesejahteraan Andriani Yusepa, Kasi Pelayanan Yuliani, Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan Aetco Septa, dan Kaur Keuangan Saing.

"Mari kita sama-sama berpikir untuk memajukan desa, baik dalam segi pembangunan maupun dalam memberdayakan masyarakat. Segera lakukan penyesuaian dengan perangkat desa lainnya, dan jangan malu meminta saran masukan," demikian Walter.

Baca juga: Legislator Gumas: Masyarakat harus jujur saat skrining sebelum disuntik vaksin

Baca juga: Legislator Gumas: Jangan berhenti berkarya karena pandemi